Sunday, June 08, 2008

SIAP BEGADANG BUAT EURO 2008

Sabtu malam kemaren, aku nonton opening ceremony EURO 2008. Bulan ini adalah saatnya petarung-petarung bola ninggalin klubnya dhewe-dhewe sementara waktu, untuk perang bela’in negerinya masing-masing.

Kalo sebelumnya, kita liat Christiano Ronaldo beraksi dengan kompaknya bareng Wayne Rooney di MU, inilah saatnya kita liat mereka saling bertarung, saling mengalahkan satu sama lain. Ada kemungkinan loh, bisa sampe berantem beneran kayak yang terjadi di WORLD CUP 2006 lalu.


Kayaknya situasi kayak ginian yang bikin laga bola antar negara macam EURO atopun WORLDCUP menjadi peristiwa besar bagi semua orang, bahkan buat orang yang bukan pecinta bola sekalipun.

Aku jadi inget, awal mula kesukaanku pada sepak bola. Waktu itu, musim-musimnya Piala Dunia 2006. Hampir tiap hari semua orang ngobrolin piala dunia. Gak pas di kantor, gak pas lagi tugas luar kota, gak di tempat makan, di manapun. Sampe bosen aku. Belum lagi billboard-billboard di jalan-jalan juga gembar-gembor soal piala dunia. Masih jelas dalam ingetanku, waktu itu di Diponegoro ada billboard Djarum yang mejengin gambar bule dengan muka coreng moreng sambil nyium bola, terus ada tulisannya "Draw Your Battle Line".

Buset, acara apaan sih, bisa bikin orang tergila-gila kayak gini. Peserta ajang Piala Dunia-nya timnas dari negara lain, bahkan timnas Indonesia belum apa-apa udah logrok duluan. Tapi, tiap hari, tim dari negara manapun yang berlaga, semua orang tetep nonton, dan punya jagonya sendiri-sendiri.

Temenku si Denny, Billy, dan semua OB and sopir-sopir di kantor pada ribut pasang taruhan. Menang seneng, kalah juga cuman cengar-cengir aja. Semua gila bola. Atasanku, pak Chris, juga gak mau kalah, selama trip ke luar kota bareng akupun tiap malem pasti melek nonton bola.

Suatu hari, Denny bercerita padaku. Dia bukan pecandu bola, tapi si Denny ini agaknya seneng ama aksi taruhan yang mewarnai setiap seri-nya. Acara piala dunia hanya 4 tahun sekali, jadi dia merasa sayang kalo dilewati gitu aja.

Denny terus bujuk aku untuk mencoba menikmatinya. Tapi, dia tambahin pesan sponsor... 'nonton bola gak ada asyiknya kalo gak disertai taruhan'. Tujuan taruhan bukan buat nyari duit, bukan soal menang ato kalah, anggap aja kayak beaya tiket nonton bioskop. Semakin besar duit yang kita pertaruhkan, semakin kenceng adrenalin yang nyemprotin kita waktu mata kita melotot ngikutin arah bola bergulir.

Akhirnya, aku putuskan masuk dalam jebakan si Denny, pas barengan waktunya ama kedatangan tamu anak akunting dari kantor pusat yang mau nge-audit, jadi sekalian kasih entertain ke mereka ceritanya. Waktu itu, bagai anak domba yang digiring ke tempat pembantaian, aku ngekor aja, pas dibawa ke RedBoxx, PTC.

Sebelum partai bergengsi antara Perancis lawan Portugal malam itu dimulai, aku relakan cepekceng keluar dari dompet, sebagai syarat untuk cegah kantuk. Hehehe...

Dan malam itu, memang aku bener-bener nonton pertandingan yang luar biasa. Menurutku sih... Gimana nggak, mataku melotot terus ngikutin kemanapun bola bergulir. Dan sialan betul emang, aku ngerasa, satu buah bola Adidas Teamgeist yang dipake rebutan oleh 24 orang itu bagai memiliki nyawa aja.

Setiap bola bergerak mendekat ke gawang Perancis yang malam itu aku jagokan, detak jantungku kayak digebug-gebug dengan keras. Giliran, bola keramat itu mendekat ke gawang Portugal, dadaku terasa mau meledak, sampe-sampe harus aku imbangi dengan cara berteriak. Mirip orang gila... Hehehe...

Tapi memang itulah yang terjadi dan dialami semua orang yang hadir di sana. Mereka berteriak di sana sini, berlagak bagai duduk di salah satu seat di stadion tempat pertandingan itu berlangsung.

Yah...

1 comments:

Andi Yuliarto said...

Halo...
Wah semangat sekali nonton bolanya sampai pake taruhan segala. Kalo saya juga bukan asli penggemar bola. Tapi saya suka nonton pertandingan bola, terutama pada ajang-ajang besar seperti piala dunia dan euro. Menurut saya asik rasanya ikut menikmati euforia bola. Selain itu bisa menambah wawasan untuk bahan bincang-bincang dengan rekan, kerabat, atau potential customers.

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)