Friday, July 18, 2008

AWAY FROM HOME

Setelah melewati persiapan tetek bengek selama hampir dua minggu, sejak bossku memberiku tugas untuk memperbaiki performance distribusi produk kami di Jakarta. Akhirnya tanggal 17 Juli kemaren aku bener-bener terbang juga ke ibu kota.

Pesawat sempat delay dari jadwal yang seharusnya 13:40 melar sampe 14:30. Akibatnya, salesmanku, Tresiart bener-bener garing nungguin di Cengkareng. Gimana nggak, Hampir jam 16:00 aku baru bisa lolos dari pintu keluar, setelah capek ngurus perbekalanku di bagasi.

Ini adalah kunjunganku yang kesekian kali ke Jakarta, sejak aku terakhir kemari bareng boss Mei lalu. Tapi kunjungan kali ini berbeda ama yang sudah-sudah. Kayaknya aku bakalan lama di sini, and maybe aku bakalan hidup susah dan pas-pasan kali ini.

Perasaanku bener2 gak karuan sekarang; Sedih karena barusan pisah ama keluarga, seneng karena bebas dari rutinitas kantor yang membosankan, takut karena membawa beban tugas yang aku sendiri gak terlalu yakin buat nyelesaiin.

Pas APV yang disopiri Tresiart lewat di depan Sheraton Media, ingatanku serasa balik ke masa-masa lalu. Waktu masih jaya-jayanya di TCL Hehehe... Waktu itu, hampir setiap setengah taun sekali kita selalu diundang meeting ke pusat, and kebetulan nginepnya mesti di Sheraton Media. Pagi sampe sore ndengerin BM-BM laen presentasi, malem selalu foya-foya ditraktir ama perusahaan. Apa nggak nyaman tuh...

Tapi, seperti yang aku bilang tadi, kunjungan kali ini lain deh...

Cobaan pertama dateng pas Tresi bawa aku liat kos-kosan yang direferensikan dia. Kos-kosan itu tepat di pinggiran jalan Gunung Sahari Raya. Pintu depan rumahnya rada reot. Liat kamarnya, aku malah gak minat lagi wes. Kamar mandinya yang kebetulan ada di dalem kamar kotor banget, meja rias ama lemari pakaiannya penuh noda sembarangan, AC-nya pake windows yang udah bulukan. Kalo tarif kosnya gak sejuta sih aku bisa maklum, tapi ini... ya ampun.

Tanpa ba bi bu, aku langsung seret Tresiart kabur dari sana. Perasaanku makin gak tenang aja neh. Hari udah mulai gelap, sedangkan aku masih belum ada tempat untuk nginep. Dengan perasaan jengkel aku keluarkan daftar kos-kosan yang sempet dicaraiin Milka lewat internet beberapa hari lalu. Saat itu aku yakin, pasti si Tresi belum cek semua yang ada di daftar. Alesan dia masuk akal sih, dia udah nelpon, cuman tarifnya di atas budget. Yah, mau apa lagi...

Selanjutnya, aku beneran keluar masuk rumah kos. Liat kamar.. harga sip.. kondisi kamar gak sip. Next! Kondisi kamar gak terlalu sip amat.. harga gak sip. Next! Kondisi kamar biasa.. harga di atas budget sedikit.. lokasi gak tepat, mblusuk di jalan tikus. Ampuuuun...

Capek, putus asa, ditambah laper. Akhirnya aku ngaso dulu sambil maem soto sapi di pinggir kali. Rasanya mirip ama sop kaki sapi yang di Jemursari itu, cuman aku gak bisa nikmatin... pusing.

Bingung-bingung aku nelpon adik iparku yang kebetulan di Jakarta juga. Dia nyaranin untuk nginep di tempat kosnya dia dulu, baru besok nyari lagi tempat kos yang cocok. Aku sih oke aja, cuman, tempat kos dia lumayan jauh, di Bekasi. Sedangkan aku harus dapet tempat tinggal di deket-deket Gunung Sahari, supaya rutenya gak terlalu jauh ama kantor.

Akhirnya, aku nemu juga tempat kos yang lumayan. Kamarnya jelek-jelek dikit gak masalah yang penting bersih, ada AC, and kamar mandi di dalem. Cuman yang rada aneh, kamar mandinya gak ada pintu alias cuman plastic cover aja. Jelas kalo ada tamu di kamar, aku gak bisa mandi.

Eh, setelah aku udah sendirian (si Tresi pulang, adik iparku yang mbela-belain mampir juga udah pulang), aku baru sadar, kamar kosku yang letaknya pas menghadap depan, selalu berisik oleh lalu lintas di luar sana, meskipun posisinya ada di lantai empat. Udah gitu nyamuknya... ampun. Butuh minum, terpaksa beli aqua di warung sebelah. Mau bikin kopi, gak ada air panasnya. Yah..., apa memang semua tempat kos harga sejuta di Jakarta semua seperti ini.

Rasanya pengin nangis aja, kalo inget suasana di rumah.

0 comments:

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)