Monday, August 11, 2008

FENOMENA iPOD

iPod. Siapa yang gak pernah denger sebutan gadget yang satu ini? Kebanyakan orang sering menyalah artikan kebanyakan mp3 player yang ada di pasaran dengan sebutan iPod. Padahal, iPod ini adalah pelopor pemutar media digital portable yang direalease dan dipatenkan oleh perusahaan pembuatnya, Apple Inc.

Perusahaan IT multinasional yang bermarkas di Cupertino, California ini mulai memasarkannya pada tahun 2001. Awalnya, iPod menggunakan internal hardrive sebagai media penyimpanannya. Tapi kini, seiring dengan perkembangan teknologi memory, flash memory menjadi pilihan yang paling tepat. Selaen ukurannya yang lebih kecil, tentu aja juga jauh lebih ringan.

Seperti halnya pemutar music digital lainnya, iPod juga bisa difungsikan sebagai media penyimpanan data. Tentu aja kapasitasnya bervariasi, sesuai dengan type-nya masing-masing, antara 4GB hingga 120GB. Kapasitas tergede melebihi Hardisk di kompi-ku neh. Hehehe...

iPod menerapkan prosedur pengisian file music yang sama sekali beda dengan mp3 player kebanyakan. Tidak bisa sekedar copy-paste doank loh! Tapi, Apple menyediakan software iTunes (kamu bisa download langsung di sini) yang bisa didownload secara gratis di www.apple.com.

Prosesnya..., koleksi music kita, baik CD maupun mp3 musti diinput dulu ke iTunes yang udah diinstall lebih dulu ke kompi. Dengan iTunes, kita bisa mengcustomize file-file music tersebut. Mau diedit judul lagunya kek, nama penyanyinya kek, cover albumnya kek sampai urutan lagu yang mau kita dengerin. Pokoknya semua bisa kita sesuaikan dengan selera kita... Fungsinya mirip-mirip dengan Windows Media Player, Winamp ato media2 player PC lainnya deh.

Nah, kalo udah, baru kita masuk dalam proses syncronize, artinya file2 and setelan2 yang ada di dalem iPod disamakan persis dengan semua yang ada di iTunes (judul, nama penyanyi, urutan sampai tingkat kekerasan suara yang udah kita set di iTunes)
Ribet ya...

Nggak juga! Justru itu kelebihan iPod.
Kenapa? Karena kita tidak diperbolehkan curi-curi file music dari kompi orang lain. Sebaliknya, orang lain juga gak bisa seenaknya nyomot file music dari dalem iPod kita. Hehehe...
Anti pembajakan neh namanya.

Eit...! Tapi gimana seandainya orang lain punya iTunes juga yang terinstall di kompi mereka. Enak donk, tinggal connect...
Sorry! Kagak bisa cing... Gitu iPod dikonekin ke iTunes lain, alias bukan di kompi yang biasanya, maka seluruh koleksi lagu yang ada dalam iPod langsung musnah. Pinter ya... Bener2 gak mau diajak berbuat dosa. Hahaha...

Di jalanan bersama iPod

Tapi, sebenernya, bukan itu keunggulan iPod. Salah satu yang sangat dibanggakan adalah user interface-nya. iPod dirancang sedemikian rupa hingga penggunanya gak butuh waktu lama buat ngerti cara pengoperasiannya. Signature Click Wheel-nya yang punya hak paten hingga gak bisa dijiplak oleh pihak manapun juga, memudahkan kita untuk nge-roll file lagu favorit kita dengan mudahnya, bahkan dengan satu tangan sekalipun.

Sekarang ini, ada 4 varian iPod yang ada di pasaran. iPod Shuffle, iPod Nano Video, iPod Classic dan iPod Touch. Di negara-negara berkembang, iPod udah merupakan gadget yang wajib dimiliki setiap orang setelah telepon genggam. Liat aja tetangga sebelah, Hongkong, Singapore or Malaysia... hampir semua orang di jalanan, gak peduli yang formal atopun nggak, kebanyakan nenteng iPod beserta earphone di telinga.

Kayaknya, iPod udah mampu menjadi kebudayaan tersendiri sejak pertama kali diluncurkan.

Gak lama lagi, Indonesia juga bakal ketularan deh. Melihat harga per unitnya yang kini semakin terjangkau. Ditambah dengan munculnya iPhone, sudah pasti kita bakal liat pemandangan yang gak jauh beda dengan yang kita liat di negara-negara tetangga.

6 comments:

malapu said...

dari dolo saya pengen beli Ipod tapi lom kesampaian... hehehe

Anthony Harman said...

To Malapu,
Bentar lagi juga kesampaian, bro...
Kan' harganya udah pada nyangking 'parachute'
Siap terjun. Hehehe...

Yusta said...

aku mau dibeliin ta bah?

Anonymous said...

hi,.. gw punya ipod shuffle,. trus gw dikasih nyokap ipod classic 40gb 4th generation, tapi pas gw coba connect ke itune versi 9, gak jalan,. biasanya kan ada device,. tp ni gak da,. knp ya???? da yg bisa bantu gw,.

Anthony Harman said...

To Anonymous: Pasti ada sedikit masalah dengan iPod-mu, bro

Anonymous said...

emang benernya, kalo ipod classic ituu kadang suka eror?

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)