Saturday, September 20, 2008

BELAJAR dari MLM

Semua tentu udah pernah denger yang namanya bisnis MLM (Multi Level Marketing). Udah gak perlu dijelasin lagi definisi dan cara maennya, semua tentu sudah pada paham kan’. Semasa saya kuliah di awal taun 90an, bisnis jenis ini mulai marak dibicarakan. Hampir sebagian temen2 di kampus pada gabung untuk memulai usaha ini.

Perusahaan ato merek yang nawarin macem2 sistem dan keuntungan di bidang MLM inipun gak cuman satu dua aja loh, melainkan buanyak… banget. Masing2 menjanjikan impian dan kemudahan sendiri2. Coba deh, inget2 and sebutin satu persatu bisnis MLM yang pernah atopun yang masih eksis hingga hari ini…

Jujur aja…, apa yang ada di benak kamu masing2 mengenai bisnis MLM. Boleh di bilang, ampir sebagian besar menilai negatif and sinis deh. Ada yang punya pendapat… ngena’in yang ngikut lebih awal, ada yang bilang njanji'in impian belaka, yang lebih kejem lagi neh… ada yang nuduh penipuan. Hehehe…

Pernah gak kamu ngalami; Suatu hari ada temen lama yang emang udah lama banget gak ketemu, tiba2 nelpon ke rumah. Nah, saat kita masih ngerasa seneng banget bisa ketemu lagi and siap2 ngomongin kenangan lama… eh ternyata si temen lama “ada maunya”, apalagi kalo nggak nawari sebuah usaha yang bla bla bla and bla bla bla… yang kita udah tau jelas kalo itu MLM. Hihihi...

Bisa dimaklumin, nurut saya, kalo emang bener ada suara2 miring kayak gitu. Coba bayangin, saat situasi lagi sulit ato bahkan saat kita yang waktu itu masih kuliah and belum kepikiran mau ngerjain apa buat dapet duit, eh tiba2 ada yang nawarin sebuah usaha yang mereka sebut BISNIS. Dengan modal kecil, usaha minim, hanya perlu luangin waktu dikit… tapi hasilnya berjuta2.

Gak dikit, temen2 yang emang dasarnya males kuliah and mbayangin bisa dapet duit buanyak jadi terkesan very very optimis and cenderung fanatik. Bahkan, bisa2nya mereka memandang orang laen yang nolak buat gabung kayak orang gagal yang punya pikiran cupet ato gak mau maju lah. Parahnya lagi…, mereka2 yang udah gabung and mulai getol memproklamirkan status barunya sebagai bussinessman pada menDEWAkan upline atopun seniornya yang udah sukses.

Beberapa grup pebisnis MLM ini emang ada yang nerap'in sistem yang ekstrim banget dalam memotivasi jaringan mereka. Sampe2 para pemula yang liat, ngerasa kalo berhasil dalam usaha ini adalah sebuah keberhasilan yang sangat sempurna.

Sebenernya sih, kita gak perlu ada pikiran jelek kayak gitu kalo kita tau bener, gak ada usaha di dunia ini yang mudah dijalani, dikit modal apalagi dikit waktu, tapi bisa ngehasilin duit banyak.

Saya pernah juga terlibat di salah satu bisnis MLM juga. Dan sekalipun emang saya gak pernah berhasil di sana, meski udah mati2an nekun'in, tapi setidaknya ada hasil yang saya dapet dari pengalaman tersebut...
Saya jadi punya tambahan skill buat mempengaruhi orang, yang paling nggak bisa ta’jadiin modal buat memulai karir di bidang penjualan dan pemasaran.

Kemudian, saya jadi tau bahwa ternyata bisnis MLM bukan bisnis sampingan yang bisa dikerjain di waktu luang aja kayak yang banyak di koar-koarkan beberapa orang. Tetapi bisnis ini adalah bisnis serius yang luar biasa sulit dan emang butuh pengorbanan and komitmen buat njalaninya.

Saya udah gak aktif lagi di MLM sejak belasan taun lalu. Mungkin udah gak pengin lagi join, apapun bentuk penawaran maupun sistemnya. Tapi, saya salut ama orang2 yang emang udah sukses di bidang tersebut. Ada beberapa nama yang gak perlu saya sebutin yang emang saya kenal bener dan udah sangat sukses dengan penghasilan yang fantastis.

Sekali lagi, mereka yang udah sukses, pasti tidak mendapatkannya dengan mudah dan tidak cuman meluangkan dikit waktu buat ngejar impian mereka. Mungkin kita menilai, waktu yang mereka butuhkan untuk nyapai puncak gak lama2 banget, kayaknya!. Tetapi pasti, mereka telah melewati “proses” yang gak mudah and maybe... kita sendiri gak mungkin sanggup kalo harus ngikutin cara kerja mereka.

Termasuk dalam hal Internet Bisnis
Mungkin ada beberapa rekan yang nganggap, untuk ndapetin hasil dari bisnis internet melalui blog amat mudah; Hanya butuh usaha dikit and ongkang2 kaki aja udah bisa meraup dollar.

Pasti kalian sekarang setuju kan’ kalo saya bilang, gak ada hasil yang luar biasa kalo kita gak njalaninya dengan serius, ulet dan penuh komitmen.

Gimana pendapatmu? Kasih komentar ya…

21 comments:

harry said...

wah.....mungkin juga bisa bener kang....soalnya saya yang baru daam dunia maya ini.....selama ini belum mendapatkan keuntungannya......moga aja ada harepan...hihihihi.....wah...
pertamaxx nih

thevemo™ said...

enaknya di dunia maya nyari referal rada gampang daripada dunia nyata

Anthony Harman said...

To harry;
Harapan selalu ada kalo kita emang mau berusaha dan ulet, bro

Anthony Harman said...

To thevemo;
Iya. Napa kita cenderung lebih gampang akrab ama orang di dunia maya daripeda di dunia nyata ya?

Shugoshin said...

Btul sekali, gak ada tuh yg namanya instan, smua butuh pengorbanan, hehe

Ardy Pratama said...

entah brapa MLM yg prnah sya ikuti.. Ya mmang gak bsa dpngkiri bhwa ada group yg mmang skses mengbah mindset dwnline mnjadi extreme..

seakan2 jka kluar dri group it sya adlh orng yg gagal.. pdhal mnrt sya gagl it ada ukurnx.. :) Gagal dri sdut pndang mana dulu? :)

Sbnarx sya bkanx mw mngkuti bisnisx, tpi lbih kpada ilmu yg ada di MLM tsb. Ya trkdang byk ilmu yg gak sya dptkan klo hnya mmbca bku atw dduk manis dkmpus.. Ilmu tntang pnlman, ilmu yg mahal mnrt saya.. Itu sbabx, wlpun masih 19 thun, sya smpat brklana ke bbrapa prshaan MLM :)

Ambil yg baik, buang yg bruk.. trapkan yg baik itu... :)

Oia mas, ada PR tuh di blog sya.. krjain yah!!

OOM said...

bener mas, mengerjakan sesuatu harus seruis biar hasilnya juga maknyus..komen langsung diblognya dikemanain mas?

m4stono said...

kalau dunia maya emank enak nyari refferal tapi yg gratisan, kalo mlm murni di dunia maya agak susah sebab harus nyetor dwt kalo mo gabung

Anthony Harman said...

To Andy Pratama;
Berarti kamu termasuk orang yang bener2 mau maju loh, meski masih muda banget.
Btw, masalah PR sori buangeeet Ndy. Saya baru tau kalo ternyata kebagian juga toh

Anthony Harman said...

To OOM;
Iya OM, emang mesti serius, meskipun blum keliatana hasilnya.
Btw, embedded comment form-nya rada error, om.

Anthony Harman said...

To m4stono;
Emang kalo gratisan itu uenak, bro :)

Anthony Harman said...

To Shugoshin;
Mau dapet mie 'instan' aja juga butuh pengorbanan loh, bro :)

Ardy Pratama said...

@ mastono : apkh sgmpang itu mas? ;) Stau sya jga btuh proses dan krja kras.. :) Hehehehe.. lam knal...

@ Anthony : Mngkin it jga yg sdkit 'menmpa' hdup aQ mas.. aQ jd tw sisi MLM dri dlam dan dri luar.. dan imlu yg ddpat jga bgus... cman skrg dah gak akfti, wlpun trdftar dan sring di call uplne! hahahahahaha...

Gpp mas... yg pnting dah tw ada PR :P

subagya said...

yups segala sesuatu memang tidak mudah apalagi hanya berdiam diri.. do something not do nothing... semua perlu usaha dan kerja keras

hrxone said...

setuju bgt memang klo utk dptin sesuatu yg besar maka kita juga harus ngeluarin sesuatu yg besar juga alias modal+pengorbanan...

Fajar Indra said...

MLM dan Internet Bisnis tuh kan kerjaan pengiklan

Welly said...

mas, saya baru saja gabung di MLM MELILEA, mungkin mas tertarik ??

Anthony Harman said...

To subagya;
Kalo diem aja, rejeki kagak bakal dateng, coy

To hrxone;
Biasanya gitu, mau hasil besar harus perlu pengorbanan besar.

Anthony Harman said...

To Welly;
Kalo emang serius di MLM, bagus coy. Cuman saya udah gak gitu sanggup nekunin di MLM lagi

Isaac JR said...

MLM yang benar selalu ada sekolah bisnis di dalamnya...tanpa sekolah bisnis kita hanya tau gudang uangnya tanpa tau gimana cara ngeluarinnya...itu gunanya sekolah bisnis....no offense setau saya ada dua sekolah bisnis yang bagus...monggo silakan dicari...buat yang jalanin...jangan berhenti kalo belum sampai di titik yang dituju...be diamond

Anonymous said...

MLM NO.1 AMERIKA "4LIFE" KANTOR BELUM ADA BONUS SDH 23JT/BLN

KANTOR 4LIFE SEGERA HADIR DI INDONESIA, SEGERA BERGABUNG BERSAMA KAMI & JADILAH PIONERNYA DI "INDONESIA" KUNCI SUKSES SEORANG NETWORK MARKETING ADALAH BERGABUNG LEBIH AWAL.

*PRODUK 4LIFE “TRANSFER FACTOR” DIRAMALKAN PAKAR KESEHATAN DUNIA AKAN BERADA DI SETIAP RUMAH, KARENA TERBUKTI SEBAGAI PELINDUNG KESEHATAN TERBAIK & DI PATENKAN HINGGA TH 2016.

4Life Perusahaan Network Marketing terbaik di Dunia, pembayaran bonus hingga 64%.

1. Bonus Rekrut 25%
2. Bonus Generasi level dua 25%
3. Bonus Pribadi 25%
4. Bonus Power pool [ bonus double omzet dunia 2%]

CONTOH PERHITUNGAN BESARNYA BONUS

* BONUS REKRUT :

Rekrut 1 orang komisi US $100, rekrut 3 orang komisi US $600, rekrut 4orang =US $800

* BONUS GENERASI :

Jika anda mempunyai 4 dist dilevel 1 dan 16 dist dilevel 2 (jumlah 20 orang member), dengan masing² membeli produk bernilai US$100
BERAPAKAH BONUS ANDA?

PERBANDINGAN PEMBAYARAN BONUS MLM DI DUNIA!

Mary Kay $80
Sportron $80
Morinda $84
Sunrider $88
Enrich $100
Herbalife $100
Rexall $100
Nu Skin $100
Nature’s $112
Avon $140
Melaleuca $140
New Vision $148
NSA $160
Nutrition $164
New Image $180
Amway $195
Usana $200
E-Excel $200
Kaire Intll $200
Neways $220
Mannatech $300
Voyager $327
4LIFE $408

4Life memberikan nilai BONUS tertinggi di Dunia, MLM dengan produk unik, berkualitas, paten hingga th 2020, produk tanpa pesaing, bonus terbaik & tertinggi akan hadir di Indonesia, Actual Payout hingga 64%, 4Life Research “Transfer Factor” [ Sejak 1998 - 2008 ].

ph : 0811.1113388 - 0818.07183888 – 021.94675666 [ Ryan & Kenny ]

blog : www.4lifes.wordpress.com

Email : masryandi@yahoo.com

Add facebook : masryandi@gmail.com

KAMI AKAN MEMBIMBING ANDA UNTUK SUKSES BERSAMA 4LIFE.

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)