Monday, October 20, 2008

Balada Pengendara Motor

Om ama tante yang terhormat, sebelumnya saya minta maaf bila tulisan berikut kurang berkenan. Kami cuman pengin minta maaf kepada om ama tante para pengguna kendaraan roda empat, atas segala perilaku kami di jalanan. Sungguh, kami gak bermaksud untuk 'ngganggu' kenyamanan anda.

Bila kami sering keliatan suka nyerobot kekanan ato kekiri, itu hanya karena kami merasa kepanasan. Ini tentunya akibat jaket, helm, sarung tangan ama masker yang kami gunakan di siang bolong. Tentunya rasa kepanasan ini gak anda rasakan, karena dinginnya hembusan AC yang keluar dari kisi kisi dashboard mobil anda. Sedangkan kami hanya mengandalkan kisi kisi ujung jaket, ataupun bagian bawah helm. He he he...

Bila anda melihat kami ampe mendaki trotoar, ataupun mengambil jalur kanan yang berlawanan, itupun bukan karena kami sok jago. Tapi kami hanya mencari alternatif jalur, sebab seluruh badan jalan tertutup oleh MPV ataupun SUV om ama tante. Rasanya kami gak kuat kalo harus nunggu di belakang knalpot anda, yg belum tentu bebas emisi (maaf yee). Belum lagi kami takut di PHK, hanya karena telat masuk kerja. Tentunya khusus hal ini, sebagian besar dari anda gak perlu absen pas masuk kerja kan?
Sebab kalo sebagian besar dari kami telat ngantor, mesti kena denda, minimal dipotong uang transport, hiks!!

Belum lagi, kami sering malu pas ngelewatin resepsionis cantik yang nutupin idung kecil mereka, karena nyium aroma knalpot ato bau keringet dari jaket lusuh kami. Walau deodoran 5 ribuan telah kami semprot, tentu tidak sebanding ama parfum mobil anda yg 50 ribuan plus sejuknya AC mobil anda.

Kami sadar koq, kami juga suka keterlaluan. Tapi kami juga gak pernah protes terhadap kendaraan roda empat. Kami cukup tau diri loh, dengan pajak yg super murah kami, sehingga kami harus rela mengalah bila berbicara tentang parkir. Kami cukup puas dengan areal 150 x 50 cm buat tempat parkir kami. Tentu berbeda dengan areal parkir om ma'tante. Emang sih, tarif parkirnya aja beda...

Hmmm, kami juga gak pernah protes koq, ama kendaraan roda empat yang telah dianak-emaskan ama pemerintah. Jalan tol trilyunan rupiah telah dibangun, di atas gusuran tanah ama rumah kami. Kami harus putar otak mencari tempat tinggal bagi anak and keluarga, hanya demi supaya om ma'tante bisa cepet sampe kalo pas tamasya ke Ancol ato Taman Safari.

Ngomong-ngomong tentang tamasya. Memang sih, mungkin anda sering ngeliat kami boncengan 3 atau 4 bareng anak-anak kami ke Dufan. Tapi kami gak yakin, apakah anda ngeliat kami mijitin tangan, kaki ama bahu mereka yang kecil ditempat parkir. Ini karena cara duduk mereka yg sedikit berakrobat di atas motor kami. Tentu beda deh ama lucunya anak-anak anda yang asyik maen NDS di dalam mobil, atau bobok pules di jok belakang.

Kami juga gak keqi koq, ama senyum kecil om ma'tante, kalo pas ngeliat kami panik saat hujan turun. Dimana kami musti buru-buru, loncat..buka jok motor..copot sepatu and cepetan make jas hujan. Kadang kami bayangin, seandainya kami ada di posisi anda. Mau gerimis kek, mau hujan gede kek, bodo' amat, cukup putar tuas kecil disamping stir, maka wiper kaca akan bekerja lembut membersihkan air di kaca depan ampe belakang. Aaaah enaknya di mobil...

Kami juga gak protes loh, bila mungkin om ma'tante yang terbiasa merintahin lembur kepada kami. Kami cukup ngerti kalo anda gak pernah bayangin, betapa dinginnya pulang kerja di malem hari dengan motor. Kami cuma berharep, bahwa petuah orang tua yang bilang kalo kena angin malem bisa kena paru-paru basah, adalah isapan jempol doang. Amit-amit deh...

Kami juga gak protes koq, kalo jari-jemari anda menjentikkan abu rokoknya lewat jendela, hingga kena jaket kami. Ato celana kami yang harus nerima sampah yang anda buang lewat jendela. Maybe, kami dengan jaket hitamnya, keliatan kayak tong sampah kali yeee. Hahaha...

Maapin juga, kalo kami ampe keliatan melotot di depan anda. Hmm, sungguh.., itu gak sengaja koq. Sebab, selama berkendara dengan motor, mata kami harus dipicingkan agar tidak kena debu. Nah, gitu stop, secara refleks mata kami terbuka lebar, seperti melotot. Hahaha, Maaf ya om, tante. Peace !!!

Namun kami cukup terhibur koq, bila kami bisa denger sayup-sayup lagu kesukaan kami, saat kita bersanding manis di lampu merah. Hilang rasa penat bahu dan pinggang kami.

Publikasi ulang dari Ariel'z Corner

27 comments:

Masenchipz said...

he..he... klo putung rokoknya keluar dari jendela... trus kena jaket... ya maav... he..he... tpi gw gak ngerokok kok.. mungkin itu yang laen... he..he... btw ceritanya bagus niyy... mantab...

Ecko said...

Naik motor ajasusahnya begitu, apalagi pejalan kaki kaya saya ini. :( Tapi alhamdulillah saya gak pernah mengalami hal-hal jelek karena saya gak mau mikirin hal2 kaya begituan. :)) Enjoy ajalah, walaupun susah. :D

Panda said...

pernah baca di cak Ariel, tp makasih dah dipublish lg pak :)

Anthony Harman said...

To Masenchipz;
Mana berani nuduh mas enchipz buang puntung rokok sembarangan. Hehehe...

Anthony Harman said...

To Ecko;
Eh, ternyata bisa naek motor masih beruntung juga neh:)

Anthony Harman said...

To Panda;
Iya neh, blum dapet izin dari mas Ariel, udah dipublikasi duluan.

thimbu said...

postingan yang bagus. ternyata sama2 bikers, ya hahahaha
wah, mengenai pertanyaan anda saya ngga bisa jawab nih :)
mungkin blogger yang lain bisa, bang :)

JALOE said...

yang penting saling menghargai di jalanan.. dan masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangan.. motor kalau jalan macet bisa cepet sampe, tapi kalau hujan apes..heheh

belly wijaya said...

wah, sebagai sesama bikers teryata mirip2 suka dukanya di jalan ya? tp untungnya di bali belom separah di jkt.

arielz said...

permintaan ijin diterima! hehehe
makasih dah di re-publish disini kang

Anonymous said...

hua hua hua.....keren banget nih...
eh malah gak sempet ngoprek tulisan ini di tempat Om Arielz....

hrxone said...

ckckck..setiap kesini postingannya pasti keren2+bagus euy... :)

BloGendeng said...

Ini mewakili suara hati pengendara motor.
Hidup bro Anthony Harman!!

david said...

tw dah biasa mas...kebanyakan org dah ngerti koQ

Anthony Harman said...

To Arielz;
Makasih atas izinnya kang. Hehehe...
Kang Arielz emang kreatif

Anthony Harman said...

To hrxone;
Ah, bisa aja... jadi maloo neh.

Anthony Harman said...

To thimbu & belly wijaya;
Sesama biker dilarang saling mendahului.

harry said...

aku pernah baca juga kang......tulisannya..nice posting kang

ndop said...

mohon maaf buat pengendara sepda motor, kami pengendara sepeda ontel memang ndeso, ndak gaul, ndak cepet secepat kilat seperti motor anda.. maka mohon maaf jika kadang-kadang kami mengumpat-umpat anda yang tiba-tiba menyalip kami dengan sok angkuhnya..

kami para pengendara sepeda ontel juga minta maaf, kalo terkadang kami membuat anda harus bersabar menunggu kami menyebrang, membuat anda harus mengerem mendadak kalo kami tiba-tiba nongol di belokan jalan. Maklum rem sepeda ontel kami tidak secanggih punya anda..

*waduh.. ini postingan balasan, wekekeke...*

*postinganku ini bisa dibalas sama pejalan kaki*

wekekeke..

Anthony Harman said...

To ndop;
Hehehe..., kayaknya di jalan pake sistem hukum rimba ya

thevemo said...

maaf juga ya kalo om tante ngelakson dari belakang saya umpatin..heheh

nice stori bro

Anthony Harman said...

To thevemo;
Ada yang kurang rupanya:) Thanks dah ditambahin, Win.

tipis said...

weleh ceritanya kok gue bgt ya :D saya kan pengendara motor sejati, udah lebih dari 10 thn pake motor, gk naik2 juga derajatnya haha.

ekkei said...

hehehe.. bener2 kreatip. salut.

ketika saya sedang di dalam suzuki carry tua, yang kadang sulit distarter, sering ngumpat dalam hati kalo ada motor yang main selonong.

ketika sedang nyetang astrea grand bututku sering ngumpat kalo dikagetin klakson mobil persis dibelakang kuping.

sungguh saya yang ndak tau diri... hihihi...

Anthony Harman said...

To tipis;
Masih naek motor? Enjoy aja lagee.

albri said...

hehehe kalau penghasilan adsense banyak ga kayak gini kali ya... Thanks

Anthony Harman said...

To albri;
Hahaha..., bener juga. Sayang, dah pasang adsense, kagak ada yg ngeklik. Hiks...

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)