Sunday, November 16, 2008

DOGTAG

Pernah denger kata2 dogtag? Itu tuh, kalung tentara yang biasanya terdiri dari dua keping logam alumunium sebagai bandulnya. Sekarang, dogtag ini lebih beken dipake sebagai aksesoris untuk mejeng.

DogtagSebenernya, dogtag adalah sebutan buat tanda pengenal yang dipake tentara. Kenapa disebut demikian? Karena emang bentuknya mirip ama kalung anjing. Dogtag ini digunakan buat mengidentifikasi prajurit yang gugur ato terluka di medan perang. Biasanya pada dogtag tersebut tercantum juga data2 medis prajurit yang bersangkutan, kayak golongan darah dan informasi mengenai alergi serta penyakit tertentu yang diderita oleh si prajurit. Tentu aja info ini dibutuhkan oleh tenaga medis yang melakukan pertolongan untuk prajurit tersebut.

Memakai dogtag sangat diwajibkan bagi tentara yang berada di medan perang. Biasanya, dogtag terdiri dari dua keping yang berisi informasi yang sama. Tujuannya, apabila si pemakai tewas dalam peperangan, keping yang satu bisa dikumpulkan sebagai informasi, sedangkan keping berikutnya dibiarkan tertinggal bersama tubuh korban.

Pada Perang Saudara Amerika taun 1861-1865, para prajurit nempelin kertas catatan nama dan alamat rumah di bagian punggung jaket yang mereka kenakan. Ada juga yang nempelin data pribadi mereka pada gasper sabuk. Hehehe..., kasian juga yah. Mereka mungkin berjaga2 kalo ampe kepaksa gugur di medan pertempuran, paling nggak ada tanda yang bisa dikenali.

Kemudian, pabrikan yang bikin badge untuk seragam prajurit mulai ngeliat peluang dengan nawarin tanda pengenal berupa ukiran nama prajurit dan unit kesatuannya dengan cara mencetak informasi tersebut pada lembaran logam kuningan.

Pada taun 1870, angkatan perang Prussia, mulai nyebut tanda pengenal untuk prajurit dengan sebutan Hundemarken yang artinya dogtag. Nah, sejak itu, kata dogtag mulai dipake untuk tanda pengenal pribadi bagi prajurit yang maju ke medan tempur.

Saat ini, dogtag udah gak dipake lagi. Teknologi kan' dah maju. Pihak militer tentu udah nemuin cara yang lebih canggih untuk mengidentifikasi anggotanya yang gugur ato terluka dalam peperangan.

28 comments:

Sang Penyamun said...

PERTAMAX, salam kangen mas... kesian bgt prajurit dulu dikatain DOG.

veny said...

asli baru tau gw tuh Dogtag nya kae gitu , ga pernah merhatiin sih . he22

Pangki Fernandes said...

sama seperti veny.... Asli aku juga baru ngeh sekarang. Sepanjang ini sih tahu kalo aksesoris itu dulunya buat para serdadu. Tapi ndak begitu mudeng ttg isinya. :)

hrxone said...

klo utk blogger ada gak yah semacam dogtag ini? :)

Masenchipz said...

temen2 gw juga banyak yang make dogtog tuh om... katanya sih keren.. biar kayak anak kolong... he..he..

kai said...

kirain cuma sebagai penanda bahwa sebagai tentara doang..
rupanya ada isinya toh..

david said...

bener tw mas...saya dah pernah denger tentang Dogtag tersebut....

albri said...

Informasi unik, kalau ga baca aku mana tahu kayak ginian

byme said...

ada peluang dikit hajar. kirain dotA mas game hehehe
lama g berkunjung mas maaf banyak kerjaan
byme mas kunjungi blog ku yang baru juga ya
http://webyme.co.cc
byme

byme said...

ini mas blogkuyangbaru bagus g yah
byme

Yopan Prihadi said...

Pengetahuan mas Anthony sangat luas sekali dan untuk yang satu ini, saya benar-benar baru tahu dari sini.
Informasi yang bermanfaat buat saya pribadi.

suamimalas said...

kalo dikita dipake sama anak-anak gaul... :D

junjungpurba said...

kek yang di pilem2 itu ya...

fr3n said...

kirain cuman di film-film... hehehehe

Anonymous said...

Daftarkan blog anda! dalam lomba blog berhadiah total 10 juta + handphone + speedy gratis.
info www.audiochute.com

love-ely said...

Kira-kira apa ya.... cara yang lebih canggih sekarang untuk menggantikan doftag

Taktiku said...

Makasih buat infonya, mantap nih lenkap deh. Baru tau saya kalo dogtag itu fungsinya buat gituan

abahrafi said...

waduh aku masuk daftar yang ke berapa nih iom.......emangnya ntuh sama dengan yang dipake ama prajurit yah

Belajar ngeBlog said...

wah ak dulu pernah punya neh, buat gaya2an thok.
hehehe

thevemo said...

sebagai pengenal ya om,kalo mati di tembak musuh dan di makan cacing

Anthony Harman said...

To Sang Penyamun;
Bukan "DOG"nya yang penting, tapi "TAG"-nya itu loh
To hrxone;
Untuk blogger ada juga. Tuh di Link Exchange saya :)
To veny and Pangki Fernandes;
Sekarang dah pada ngeh kan'
To Masenchipz and suamimales;
Emang sekarang dah jadi aksesoris fashion kok mas
To byme;
Siap ke tekape...
To albri and Taktiku;
Makasih, Bri. Makasih dah nyempetin mbaca:)
To Yopan Pribadi;
Ah, pak Yopan terlalu memuji deh...
To love-ely;
Teknologi sekarang kan' dah canggih, pak. Paling mereka dah nemuin cara yang lebih mutakhir buat nggantiin dogtag

Yopan Prihadi said...

Selamat datang kembali mas Anthony...
Bagaimana perjalanan dinasnya...semoga menyenangkan dan mendapatkan inspirasi baru..
Ayooo...kita berbagi ilmu lagi mas Anthony...

Apipuzi said...

dogtag ini ya, yang kalo prajurit mati langsung dicabut untuk dikasihkan keluarga seperti di film-film itu?

ipanks said...

ooo asal mulanya seperti itu yap.baru tau nih

the_noenkz said...

pas baca, pas aja barusan abis nonton saving private ryan di HBO...btw, kl sekarang yang terbaru gmn to model dogtag-nya???

Anonymous said...

dapatin dogtag dimana Om?Minta infonya ya makasih

Vander said...

dasar kalian semua goblok, tolol, yah emang ada isinya lah. ga punya otak semua..

Anonymous said...

gw tau yang jual dogtag,
coba browsing ke sini:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4852716

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)