Thursday, November 06, 2008

Memberikan LEBIH

Pernah gak, kalian ngalami rasa tidak puas atas imbalan yang kita terima dari hasil pekerjaan yang udah kita selesaikan. Sebagian besar pasti dah ngerasain deh...

Sebagai contoh, kalo misalkan kita usaha jualan barang. Mungkin usaha yang kita lakukan buat nawarin barang ke customer, gak sebanding ama keuntungan yang kita terima.

"Dah ngoceh ampe bibir tebel, untungnya cuman segini doank...," Kira2 gitu kalo kita dah nggerutu. Hihihi...

Rasa gak puas paleng sering dialami oleh kita2 yang kerja sebagai karyawan. Mungkin kita dah ngerasa cukup berusaha keras buat nyelesaiin tugas kita sebaik2nya. Tapi, kadang imbalan dan penghargaan yang diberikan oleh boss sering bikin kecewa.

Apalagi buat kita yang kerja dengan gaji yang minim. Rasanya, gak adil deh... udah kerja keras tiap hari, tapi gaji kagak naek2. Lebih parah lagi kalo kita ampe ada perasaan iri liat orang laen yang kliatannya... idupnya lebih mapan dibanding kita; Kerja mereka kayaknya lebih santai, tapi rasa2nya penghasilan dia lebih oke dibanding penghasilan kita.

Mungkin kita gak sadari... Kalo mau jujur, rasanya menderita banget punya pikiran tidak puas kayak gitu. Mungkin kita pikir hidup ini gak adil buat kita. Rasa kekurangan makin lama makin gede aja. And secara gak kita sadari, kita dah merugikan diri sendiri...

Tau kenapa?

Karena, perasaan tidak puas yang berlebihan kayak gitu bisa nyebabin kita putus asa. Kalo dah gitu, biasanya yang muncul rasa malas. Malas bekerja, malas berusaha, malas berdisiplin ampe malas ngantor... Terakhir, kita rasanya dah makin jauh aja ama yang namanya prestasi.

Gimana bisa berprestasi, wong kerja aja dah males...

Minggu kemaren, saya baru dapet solusinya lewat acara Golden Ways-nya Mario Teguh di Metro TV. Waktu itu, Mario Teguh bilang, "Berikanlah lebih dari yang telah dibayarkan kepada kita"

Bagi kita, memberikan lebih berarti berangkat kerja lebih pagi, bekerja lebih giat, berusaha lebih teliti, menjalankan tugas dengan lebih bersemangat dan lebih2 laennya.

Kalo semula kita berpikir, sudahkah kita dibayar sesuai dengan yang kita berikan?. Sekarang musti diubah dengan sudahkah kita memberikan sesuai dengan yang dibayarkan kepada kita?

Karena dengan berbuat demikian, secara gak langsung kita telah menaikkan standar hasil kerja kita ke tingkat yang lebih tinggi.

21 comments:

veny said...

untung aku jarang pny pikiran "ga puas" he22

aha said...

"sudahkah kita memberikan sesuai dengan yang dibayarkan kepada kita?" maknanya dalem bos.. perlu perenungan banget gitu...

Anthony Harman said...

To veny;
Beruntung banget kamu, Ven...
To aha;
Emang mesti direnungkan kali, bro :)

Syamsul Alam said...

Selain itu, mungkin memang kita perlu merubah sistem pikir orang Indonesia mas An....

Jika jadi karyawan, wajarlah dapet sesuai dengan yang telah ditetapkan.....

Katanya, enakan jadi pengusaha.... pengusaha bakso, punya restoran, ato pengusaha tambak, ato punya bengkel, ato kerjasama dengan orang punya usaha....

Pokoknya ga jadi karyawan.....

Lebih puas dalam bekerja, karena usaha = penghasilan....

Hihihihi, saya sekali-sekali sok tahu, nggak apa kan mas...... huehuehue.....

P.S: Mario Teguh acaranya super keren!

JALOE said...

wah keren mas.. terimakasih atas postingan-nya, sy jadi terilhami

Anthony Harman said...

To Syamsul Alam;
Kerja ama orang atau usaha sendiri, asalkan kita pegang prinsip kayak di atas. Berarti kita sedang melangkah ke tingkat yang lebih tinggi.
To JALOE;
Sama2 kang Jaloe. Terinspirasi apanya neh :)

Yopan Prihadi said...

Lho ko' sekarang embeeded commentnya terbuka ya'
Padahal selang 1/2 jam tadi ga' kebuka lho'...Apa browser sya yg erorr kali ya'...
Mas Anthony sepertinya banyak sekali kecocokan dengan saya...Saya paling suka sekali dengan Mario Teguh..pokoke acaranya ga' pernah kelewat. he.he..
Oh..ya saya juga dah jadi membernya di Mario Teguh dan banyak sekali ilmu yg bisa kita dapatkan disana.
Sukses selalu mas Anthony.


notes:
Malam ini mungkin saya akan redirect ke domain yopanprihadi.com mudah-mudahan berhasil.

Anthony Harman said...

To Yopan Pribadi;
:) Kayaknya kita emang banyak kecocokkan pak Yopan.
Sukses dengan domain bar-nya, pak

david said...

wah mantap artikelnya salut saya ama boss

kai said...

Pak Mario Teguh berusaha ngasi tw gimana caranya menjalani hidup dengan pikiran positif. Hebatnya, beliau nunjukin cara yg sederhana untuk memulainya.
Intinya adalah mengubah pola pikir kita supaya lebih positive-minded.

ipanks said...

betul apa yg om bilang, saya sangat setuju.jika kita memberikan lebih maka ntr hasilnya juga pasti akan kita dapatkan dan mudah-mudahan bisa lebih dari apa yg sudah kita berikan

Anthony Harman said...

To kai;
Setuju. Hebat emang Mario Teguh itu. Pikiran saya jadi kebuka pas liat acara beliau.
To ipanks;
Bener emang. Tapi bukan saya yg bilang. kan' ngutip kata2 Mario Teguh

albri said...

Salah satu tanda orang berjiwa besar selalu berpikir memberi yang terbaik mas...
Kalo dipikir ya sama dengan konsep "sudahkah kita memberikan sesuai dengan yang dibayarkan kepada kita?"

thevemo said...

Rasa puas dan tidak puasnya tergantung bagaimana kita mensyukuri nikmat yang di beri Allah.

Adakalahnya seorang pedagang keliling dengan mengendarai sepeda berjualan tape..saat kita beli barang sebungkus atau kita borong..dia sudah mearasa puas....

Anthony Harman said...

To albri;
Bener, Bri. Kira2 sama deh konsepnya.
To thevemo;
Itu mungkin kalo kita pandang dari ajaran agama, Win.
Di gereja, saya juga sering mendengar ajaran untuk selalu mensyukuri apa yng kita terima, berapapun jumlahnya.

junjungpurba said...

saya juga nonton itu, tapi ya dasar manusia selalu gak pernah merasa puas:)

Anonymous said...

Memberi itu terangkan hati, seperti matahari yang menyinari bumi...ingin bahagia derita didapat, harta dunia jadi penggoda,membuat miskin jiwa kita.(Iwan Fals)

dewi said...

yah...namanya juga human being...yang selalu diciptakan dengan banyak perasaan tidak puas dan selalu ingin lebih... tapi kembali ke kita sndiri..kita musti bertanya pada diri sndiri..apakah kita termask orang yang pandai bersyukr atas segl yang dah diberikan????
ak sndr jg kadg termask org yg sperti itu..tp aku berusaha mengcp syukr, krn dah gawe...daripd org2 yang blm bruntg...

new comer nih...lam kenal y.

Anthony Harman said...

To junjungpurba;
Yang penting kan' puas nonton :)
To ksetiawan;
Penggemar Iwan Fals rupanya. Ampe lyric lagunya afal...
To dewi;
Gimanapun juga, masih banyak di luar sana yang tidak seberuntung kita di sini. Salam kenal juga yah...

Belajar ngeBlog said...

nice post bro
pencerahan buat saya, kadang emang saya sering ngerasa putus asa kaya gini
thanks for this enlightment..

Anthony Harman said...

To Belajar ngeBlog;
Thanks juga, pak. Makasih dah mampir sini

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)