Posts

Showing posts from January, 2009

Jalan2 di PECINAN Semarang

Image
Sebenarnya, sudah beberapa kali saya berkunjung ke kota Semarang. Tetapi baru kunjungan terakhir kemaren saya dapat kesempatan melihat-lihat Pecinan Semarang.

Kawasan yang terletak di sekitar Gang Lombok, Gang Pinggir, Gang Warung, Gang Baru, dan Gang Gambiran ini merupakan lokasi pertokoan tradisional yang padat di siang hari. Tetapi, kalau malam, daerah ini berubah wajah menjadi kawasan yang eksotis dan oriental banget. Apalagi pas masih dalam suasana Imlek kayak gini. Ratusan lampion serba merah yang menghiasi di sepanjang jalan, bikin kawasan yang sebenarnya rada kumuh ini nampak gak kalah ama kawasan-kawasan Chinatown di luar negeri sana.

Kalau kita melintasi jalan-jalan di kawasan tersebut, kita bakalan menemukan gak kurang dari belasan klenteng yang masing-masing punya nilai historis tersendiri. Kota Semarang dikenal sebagai tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho pada abad ke 15. Semua pasti dah pada tau, siapa Laksamana Cheng Ho ini. Coba sempatin mampir di Gang Lombok, di depan k…

Ketika BARONGSAY Sudah Bisa Menari Kembali

Image
Besok, warga keturunan tionghoa pada ngerayain Imlek. Saya juga, karena kebetulan saya juga warganegara keturunan tionghoa.

Kalo diinget-inget, tahun ini dah tahun kesepuluh sejak kami mulai bisa ngerayain tahun baru dengan tenang, sukacita dan terang-terangan. Ya, tentu aja sejak mulainya orde reformasi di tanah air tercinta ini. Sejak pemerintah mulai mengakui Imlek sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa kita. Sekaligus menetapkannya sebagai hari libur nasional.

Sebenernya, saya sendiri kurang memahami makna tahun baru imlek itu sendiri. Apalagi ngikuti tata cara adat yang mestinya dilakukan pada saat menyambut imlek. Justru waktu masih kanak-kanak dulu, rasanya imlek adalah momen yang sangat istimewa. Kapan lagi dapet angpao kalo gak momen-momen kayak gini. Hehehe...

Tapi, sekarang bagi saya, dah gak kayak dulu lagi. Sejak kakek-nenek tiada, hampir sebagian tradisi dan aturan yang musti dilakukan saat imlek ikut terkubur.

By the way..., saya tetep mensyukuri keadaan yang ada se…

MAWAR untuk Orang Yang Dikasihi

Image
Ana membuka pintu depan rumahnya mencari Tino dan Tina, kedua anaknya yang sedang bermain-main di halaman depan, untuk mengajak mereka sarapan. Di luar ia disambut sejuknya angin pagi yang membawa serta aroma bunga mawar dari kebun rumah sebelah.

Andai saja Ibu Mulya sama terbukanya seperti kuncup-kuncup mawar di kebunnya, demikian Ana berbisik dalam hati seraya melayangkan pandangan ke arah rumah tetangganya.

Sudah setengah tahun Ana tinggal di pemukiman itu, sejak mengikuti suaminya pindah karena mendapat tugas baru. Sebagaimana layaknya warga baru, ingin Ana mengenal dan bertegur sapa dengan penghuni rumah sebelah yang lanjut usia dan sudah menjanda itu, namun hasrat tersebut belum kesampaian.

Hanya satu kali ia bertemu ketika ikut bersama warga yang lain mengunjungi Ibu Mulya yang sedang dirawat di rumah sakit karena serangan jantung. Setelah sembuh, boleh dibilang tetangganya itu jarang keluar rumah, dan jarang pula ada orang yang datang bertandang. Betapa sepi hidupnya yang sendiri…

What Makes You SMILE Today ?

Image
Dalam hidup ini, kita memang gak pernah luput ama apa yang namanya masalah. Mungkin pagi saat akan berangkat kerja, kita memulainya dengan gembira. Tapi, siapa yang tahu, jika gak sampe 2 jam berikutnya, kita bener-bener dipusingkan ama problempekerjaan yang mungkin aja rumit banget untuk dihadapi.

Sebagai manusia, kita memang gak bisa luput dari masalah. Mulai dari masalahpekerjaan, masalah rumah tangga, masalah keuangan sampai masalah piutang. Karir dalam pekerjaan yang udah kita rintis bertahun-tahun, tiba-tiba aja berakhir dengan PHK. Bisnis kita yang semula maju, bisa aja bangkrut dalam sekejab.

Itulah yang disebut cobaan dari Tuhan. Kita yang "percaya", tentu paham bener bahwa Tuhan gak bakal kasih ujian yang beratnya melebihi kemampuan kita. Justru sebaliknya, kita mesti bahagia ama masalah yang kita terima. Ibarat murid sekolah, kita bagaikan menghadapi ujian buat naik ke level yang lebih tinggi lagi.

Cara yang bijaksana dalam menghadapi hidup yang penuh dengan masalah

Seharusnya...

Hari ini papa saya ultah. Dah 68 tahun usianya sekarang. Saya rasa, dah bukan usia produktif lagi buat tetep kerja, tapi kayaknya papa masih seneng ngurus tokonya di Cepu.

Sebenarnya bukan toko istimewa yang bisa diandalin sih, dah kalah saingan ama toko-toko baru yang banyak nongol di sekeliling kota Cepu sekarang ini. Tapi dari usaha toko itulah, papa bisa membesarkan kami.

Namun demikian, papa kayaknya gak pengin saya nerusin usaha tokonya itu. Mungkin dia tau, usahanya itu dah gak punya prospek lagi ke depan. Dia pengin jual semuanya, dan pindah kemari agar deket ama anak-anaknya.

Cepu, 160km jauhnya dari sini. Dan papa cuman tinggal berdua bareng mama, ditemenin seorang pembantu yang juga dah rada lanjut usianya. Bayangin, gimana perasaan saya di sini, sebagai anak sulungnya. Seharusnya papa dah waktunya pensiun dan tinggal bareng kami di sini, menikmati hari tuanya bersama mama.

Tapi papa saya bukan ortu yang gampang asal menggantungkan hidup pada anak-anaknya.
Pernah waktu santai pa…

Hadiah Domain Baru dari ZALUKHU.COM

Kontes fenomenalZALUKHU.COM yang dimulai 7 Desember tahun lalu dah berakhir 14 Januari kemaren. Semula saya gak nyangka kalo artikel Andai Saya jadi GUBERNUR yang saya posting buat ikut serta dalam kontes ANDAI bakalan ikut tampil di deretan pemenang.

Kabar pertama yang bikin saya tergopoh-gopoh ngintip pengumuman hasil kontes tersebut adalah comment dari Syamsul Alam. Saya sendiri sempat gak percaya ama berita itu.

Meskipun cuman nyangkut di urutan ketiga, tapi saya bangga minta ampun loh. Sampe semua teman sekantor saya kasih tau.

Coba lihat hasil penilaian Bang Augusman di bawah ini...

Alasan : Blog ini pada dasarnya merupakan blog motivasi yang cukup serius, namun lewat Postingan Andai ini sang penulis mampu menunjukkan bahwa sebuah postingan motivasi pun bisa dibuat dengan gaya ringan namun tetap berbobot seperti postingan-postingan lainnya di blog ini.
Jujur aja, saya merasa gak ada yang istimewa dengan artikel Andai Saya jadi GUBERNUR. Bahkan gara-gara artikel tersebut saya sempat d…

Membuat KALIMAT PERTAMA Sebuah Paragraf Menjorok

Membuat huruf pertama awal paragraf menjorok?? Kelihatannya hal yang cukup mudah. Kita dapat dengan mudah melakukannya dengan hanya menekan tombol Tab. Ya.. benar! Itu jika kita menggunakan aplikasi pengolah kata. Tapi hal yang berbeda akan terjadi jika hal tersebut diterapkan pada sebuah postinganblog. Kenapa? Karena ketika kita menekan tombol Tab, hal tersebut akan memindahkan kursor ke objek lain, semisal tombol atau field yang lain. Nah bagaimana jika kita ingin mengaplikasikannya ke sebuah postinganblog? Tak perlu khawatir, karena hanya dengan sedikit sentuhan sedikit, hal tersebut akan terwujud. :) Contohnya bisa dilihat pada postingan ini.CSS
Semua yang akan dibahas dan digunakan dalam trik ini adalah CSS. thom kali ini akan berbagi sedikit ilmu CSS, yang mungkin bagi yang sudah ahli, mungkin sudah kuno. Tapi thom yakin masih banyak belum tahu. Jadi thom hanya ingin meneruskan ilmu saja :) Baik, untuk membuat kalimat pertama suatu paragraf terlihat menjorok, kita hanya butuh men…

Seberapa Besar KAPASITAS-mu ?

Image
Berapa penghasilan bulanan yang kamu peroleh? Cukupkah buat penuhi kebutuhanmu dan keluarga? Dan, apakah kamu puas dengan jumlah yang kamu terima itu?

Jujur aja, jelas kita semua gak ada yang puas dengan apa yang telah kita peroleh. Mungkin alasannya, gak sesuai dengan apa yang udah kita kerjakan. Tapi, coba kamu kalkulasi dengan daftar kebutuhan yang harus kamu penuhi..., meskipun kita bilang gak cukup, tapi toh musti dicukup-cukupkan juga. Dan memang cukup, walau dengan perjuangan.

Sekarang, coba kamu bayangkan...
Gimana seandainya, tiba-tiba aja penghasilanmu naik 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya. Entah itu disebabkan kenaikkan jabatan, kebanjiran order atau banyak klik legal di iklan Adsense-mu...

Apa yang terjadi...
Mungkin kamu belum menyadari, bahwa duit tersebut bakalan abis juga akhirnya. Abis... dan bahkan kamu sendiri bingung napa bisa abis secepat itu.

Mengapa bisa begitu...
Karena, ibarat diri kita ini sebuah gelas, kita telah dituangin air melebihi kapasitas, hingga meluber…

Di manakah KEBERUNTUNGAN-mu ?

Image
"Kenapa saya tidak sukses kayak dia? Ah, paling saya cuman kurang beruntung saja. Lalu, kenapa keberuntungan kayaknya cuman buat sekelompok orang tertentu aja, tetapi gak pernah ada buat saya?" Mungkin pertanyaan-pertanyaan kayak gitu sering bikin kita kepikiran.

Semua orang pasti pengin beruntung, karena keberuntungan selalu nyertai sukses. Lalu bagaimana keberuntungan bisa berada di pihak kita?

"Kebetulan aja saya diterima kerja di perusahaan tersebut, dan berhasil mencapai target hingga dapet promosi dengan cepat. Kebetulan aja saya ketemu ama sutradara film pas nganterin temen yang lagi casting, sutradara tersebut lebih tertarik ama saya. Kebetulan aja saya dapat tawaran kontrak kerja ini."

Jawaban-jawaban kayak gitu sering diberikan oleh orang-orang sukses, kalo mereka ditanya pengalaman sukses mereka. Apakah benar kesuksesan mereka cuman sebuah kebetulan?

Ternyata, pengalaman sukses orang-orang membuktikan kalo kesuksesan bukan diperoleh dari serangkaian kebe…

Cara BERHITUNG Cepat

Masih inget pelajaranMatematika? Orang bilang, pelajaran matematika adalah pelajaran yang paling sulit semasa masih di bangku sekolah dulu.

Tapi coba perhatikan trik ini. Namanya math magic. Kebetulan saya nemu di mailing list. Saya pikir, berguna banget buat kamu, adik kamu yang masih duduk di bangku sekolah barangkali, atau anak kamu... Si kecil bakal keliatan sangat pinter loh. Kalo mereka pinter kita juga yang bangga

Ok ayo kita mulai...


Perkalian 9, 99, atau 999
Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1.
Jadi, 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81.

Ayo coba contoh yang lebih sulit:
46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414.

Satu contoh lagi:
68×9 = 680-68 = 612.

Untuk perkalian 99, artinya kita mengalikan dengan 100-1.
Jadi, 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554.

Kalo udah gitu, kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1
38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962.

Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut


Perkalian 11
Perkalian 11 artinya kita menj…

Dikepung BANJIR

Image
Kemaren sore, hujan deras yang membumi-hanguskan Surabaya bener2 bikin saya susah minta ampun.

Awalnya sekitar pukul 14:30 mendung sudah bikin gelap langit di kawasan kantor saya yang letaknya di jalan Buntaran. Temen2 kantor pada mengeluh, pasalnya jalan di halaman pabrik yang menuju ke jalan raya dah pasti jadi langganan banjir kalo hujan mengguyur.

Bener juga, gak lama hujan turun juga. Deras luar biasa.

Hampir pukul lima, waktu saya pulang, hujan dah rada reda. Tapi, sisa2 yang diakibatkan bikin kami seperti abis ngalami bencana. Hehehe...

Ujian pertama, musti lolos dari genangan banjir di halaman kantor yang lumayan tinggi juga. Untung Mio Soul-ku bisa survive.

Sampai di pertigaan jalan masuk ke Darmo Indah, saya musti menentukan pilihan jalur yang akan saya lewati. Sama2 banjir pasti, tapi yang bikin berat adalah kemacetan yang ditimbulkan oleh banjir itu. Akhirnya, saya pilih lewat Darmo Indah. Deretan motor dan mobil yang bertumbangan alias mogok akibat banjir bikin perasaan j…

SEVEN Percent

Suatu ketika seorang manusia diberi kesempatan untuk berkomunikasi dengan Tuhannya dan berkata, "Tuhan ijinkan saya untuk dapat melihat seperti apakah Neraka dan Surga itu".

Kemudian Tuhan membimbing manusia itu menuju ke dua buah pintu dan kemudian membiarkannya melihat ke dalam.

Di tengah ruangan terdapat sebuah meja bundar yang sangat besar, dan di tengahnya terdapat semangkok sup yang beraroma sangat lezat yang membuat manusia tersebut mengalir air liurnya. Meja tersebut dikelilingi orang-orang yang kurus yang tampak sangat kelaparan.

Orang-orang itu masing-masing memegang sebuah sendok yang terikat pada tangan masing-masing. Sendok tersebut cukup panjang untuk mencapai mangkok di tengah meja dan mengambil sup yang lezat tadi.

Tapi karena sendoknya terlalu panjang, mereka tidak dapat mencapai mulutnya dengan sendok tadi untuk memakan sup yang terambil.

Si Manusia tadi merinding melihat penderitaan dan kesengsaraan yang dilihatnya dalam ruangan itu.

Tuhan berkata, "Kamu su…

Negeri yang TIDAK PERNAH DAMAI

Image
Perjuangan bangsa Palestina masih belum berakhir, hingga detik ini. Entah sampai kapan perselisihan memperebutkan sejengkal tanah perjanjian itu akan berakhir.

Mungkin beberapa dari kita ada yang belum tau, sesungguhnya konflik panjang di timur tengah tersebut telah dimulai jauh sejak awal peradaban manusia. Semasa masih di bangku SMP, ada seorang temen yang berkata, konflik timur tengah gak mungkin berakhir sampai akhir dunia ini

Mari kita liat sejenak sekelumit sejarah peperangan yang terjadi di sana...

1300 SM
Orang2 Filistin dan bangsa Israel mulai bermigrasi dan menetap di Kanaan.

1000 SM
Bangsa Yahudi mulai menduduki Yerusalem, bersamaan dengan naik tahtanya Raja Daud. Daud digantikan oleh puteranya Salomo(Solomon). Setelah meninggalnya Salomo , kerajaan terpecah menjadi dua; Israel di bagian utara, Yudea di Yerusalem dan wilayah selatan.

721 SM
Israel (kerajaan utara) jatuh ke tangan Assyria.

586 SM
Yudea (kerajaan selatan) jatuh ke tangan Babilonia (Babylon). Kuil pertama bangsa Yahudi …