Monday, January 12, 2009

Cara BERHITUNG Cepat

Masih inget pelajaran Matematika? Orang bilang, pelajaran matematika adalah pelajaran yang paling sulit semasa masih di bangku sekolah dulu.

Tapi coba perhatikan trik ini. Namanya math magic. Kebetulan saya nemu di mailing list. Saya pikir, berguna banget buat kamu, adik kamu yang masih duduk di bangku sekolah barangkali, atau anak kamu... Si kecil bakal keliatan sangat pinter loh. Kalo mereka pinter kita juga yang bangga

Ok ayo kita mulai...


Perkalian 9, 99, atau 999
Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1.
Jadi, 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81.

Ayo coba contoh yang lebih sulit:
46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414.

Satu contoh lagi:
68×9 = 680-68 = 612.

Untuk perkalian 99, artinya kita mengalikan dengan 100-1.
Jadi, 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554.

Kalo udah gitu, kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1
38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962.

Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut


Perkalian 11
Perkalian 11 artinya kita menjumlahkan sepasang angka, kecuali bagi angka yang ada di bagian ujung. Lebih jelasnya gw jelasin di bawah ini :

Untuk perkalian 436 dengan 11 mulailah dari kanan ke kiri (selalu dari kanan ke kiri ya...)
Pertama tulis 6 lalu jumlahkan 6 dengan angka di sebelahnya yaitu 3 sehingga didapatkan angka 9.
Tuliskan 9 disebelah kiri 6.
Lalu jumlahkan 3 dengan 4 untuk mendapat angka 7. Tuliskan angka 7.
Terakhir tuliskan angka yang paling kiri yaitu 4.
Jadi, 436×11 = 4796.

Ayo kita buat contoh yang lebih sulit:
3254×11.
(3)(3+2)(2+5)(5+4)(4) = 35794.
Ingat selalu mulai dari kanan ke kiri yak!

Sekarang contoh yang lebih sulit lagi:
4657×11.
(4)(4+6)(6+5)(5+7)(7).

Mulai dari kanan tuliskan angka 7.
Lalu 5+7=12.
Tuliskan 2 dan simpan angka 1.
6+5 = 11, tambah 1 yang tadi kita simpan = 12.
Sekali lagi tuliskan 2 dan simpan 1.
4+6 = 10, tambah 1 yang tadi kita simpan = 11.
So, tuliskan 1 dan simpan 1.
Terakhir angka paling kiri, 4, tambahkan dengan 1 yang tadi kita simpan.
Jadilah, 4657×11 = 51227 .

Hehehe, mantepkan? ini masih ga terlalu sulit...ayo jalan lagi


Perkalian 5, 25, or 125
Perkalian dengan 5 sama saja mengalikan dengan 10 lalu di bagi 2. Sebagai catatan, untuk perkalian dengan 10 cukup tambahkan 0 di dibagian belakang angka

Contoh :
1000 x 5 = 5000
Lagi, 12×5 = (12×10)/2 = 120/2 = 60.

Contoh yang lain:
64×5 = 640/2 = 320.

Juga, 4286×5 = 42860/2 = 21430.

Untuk perkalian 25, sama saja kita kalikan dengan 100 (tambahkan dua angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 4. CATATAN : Untuk pembagian dengan 4, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak dua kali

64×25 = 6400/4 = 3200/2 = 1600.

58×25 = 5800/4 = 2900/2 = 1450.

Untuk perkalian 125, sama saja kita kalikan dengan 1000 (tambahkan tiga angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 8. CATATAN : Untuk pembagian dengan 8, kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak tiga kali

32×125 = 32000/8 = 16000/4 = 8000/2 = 4000.

48×125 = 48000/8 = 24000/4 = 12000/2 = 6000.

Mudah kan? hehehe melangkah lagi!


Mengalikan dua bilangan yang mempunyai selisih 2, 4, atau 6
Untuk perkalian seperti ini gw langsung kasi contoh ya

Ambil contoh : 12×14. (14 - 12 = 2...jadi metode ini bisa dipakai)

Pertama kita cari angka tengah antara 12 dan 14...So,

12

13

14

(artinya 13 adalah angka tengah), berikutnya kita tinggal membuat perkalian 13 x 13 lalu di kurangi 1...

12×14 = (13×13)-1 = 168.

16×18 = (17×17)-1 = 288.

99×101 = (100×100)-1 = 10000-1 = 9999

Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 4, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya...buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 4,
Ok ini contohnya :

11×15 = (13×13)-4 = 169-4 = 165.

13×17 = (15×15)-4 = 225-4 = 221.

Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 6, sama seperti tadi kita cari angka tengahnya...buat pemangkatan, lalu kurangi dengan 9,
Ok ini contohnya :

12×18 = (15×15)-9 = 216.

17×23 = (20×20)-9 = 391.

Hehehe...trik ini bisa di pakai bukan hanya untuk belasan tapi bisa sampai ribuan...


Pemangkatan bilangan puluhan yang berakhiran 5
Untuk yang ini bener2 gampang kok..
Contoh kita mau ngitung berapakah 35 x 35
Kita tinggal mengalikan 3 x 4 = 12 (angka 4 di dapat dari 3 tambah 1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 35 x 35 = 1225

Mudahkan?
Contoh lagi : 65 x 65
Kalikan 6 x 7 = 42 (angka 7 di dapat dari 6 tambah 1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 65 x 65 = 4225

Dari situ kita tahu bahwa pemangkatan bilangan puluhan berakhiran 5 pasti angka belakangnya 25
So, 85 x 85 = 7225 (tahukan dari mana dapetinnya?)


Perkalian puluhan dimana digit pertama adalah sama dan jumlah digit kedua adalah 10
Contohnya kita ingin mengalikan 42 x 48...
Disini terlihat bahwa digit pertama puluhan di atas adalah sama yaitu 4
sedangkan jumlah dari digit kedua adalah 2 + 8 = 10

Cara cepatnya sederhana saja :
Kita kalikan 4 dengan 4+1 Jadi gini hasilnya 4 x (4+1) = 4 x 5 = 20
Tuliskan angka 20

Lanjut lagi kalikan 2 dengan 8 Jadi gini hasilnya 2 x 8 = 16
Tuliskan angka 16
Jadilah 42 x 48 = 2016

Gampang kan? contoh lagi
64 x 66
Kita buat
6 x (6+1) = 6 x 7 = 42
6 x 4 = 24
Hasilnya
64 x 66 = 4224

Masih bingung?
Contoh lagi :
83 x 87
Rumusnya...
8 x (8+1) = 8 x 9 = 72
3 x 7 = 21
Hasilnya
83 x 87 = 7221

Ok ? Hehehehe... ajarkan ini ke putra putri anda
Nah untuk yang berikut ini agak sedikit rumit...tapi kalo disimak bisa kok bro


Pemangkatan Puluhan
Ini perlu sedikit konsentrasi. Ambil contoh kita ingin melakukan pemangkatan 58 alias 58 x 58

Langkah 1 :
Kalikan 5 dengan 5, 5 x 5 = 25
Kalikan 8 dengan 8, 8 x 8 = 64
Tuliskan ke dua hasil tadi dan jadilah 2564

Langkah 2 :
Kalikan 5 dengan 8 = 40
Gandakan hasil tersebut, 40 x 2 = 80
Tambahkan 1 angka 0, jadilah 800

Langkah 3 :
Jumlahkan 2564 dengan 800, 2564 + 800 = 3364
Itulah hasilnya 58 x 58 = 3364

Hehehe....masih bingung?
yuk contoh lagi yuk
32 x 32

Langkah 1 :
3 x 3 = 9 ----> tapi tuliskan 09 ya supaya 2 digit bisa tercipta
2 x 4 = 4 ----> tapi tuliskan 04 ya supaya 2 digit bisa tercipta
Kedua hasil di tulis menjai 0904

Langkah 2 :
3 x 2 = 6 GANDAKAN 6 x 2 = 12
Tambahkan satu 0 dibelakangnya dan jadilah 120

Langkah 3 :
120 + 0904 ----> artinya 120 + 904 = 1024
Itulah hasilnya 32 x 32 = 1024

Mantep kan?
Mau coba lagi?
Boleh!

67 x 67
6 x 6 = 36
7 x 7 = 49
Jadi, 3649

6 x 7 x 2 = 84 tambah satu 0 jadi 840

3649 + 840 = 4489

Sehingga 67 x 67 = 4489


Kalikan dengan 2, bagi dengan 2
Kalau anak2 kita mengalami kesulitan pengalian yang besar kita bisa ajarkan ke mereka untuk membagi dengan 2 dan mengalikan dengan 2

Ini contohnya : kita ingin mengalikan 14 x 16
Maka yang kita lakukan adalah...kalikan salah satu (antara 14 atau 16) dengan 2, dan bagikan salah satu (14 atau 16) dengan 2, hingga kita mendapatkan perkalian yang mudah
14×16 = 28×8 = 56×4 = 112×2 = 224.

Contoh lain: 12×15 = 6×30 = 180
48×17 = 24×34 = 12×68 = 6×136 = 3×272 = 816.

Pada dasarnya lebih mudah menghitung 6 x 30 dari pada 12 x 15 kan?
Lebih mudah menghitung 122 x 2 dari pada 14 x 16

Setuju?
Contoh yang sangat mudah tapi bermanfaat


Cisco offers 646-204 exam which relates to sales expert and Cisco 640-553 exam relate to networking. Cisco also offers 350-030 voice exam. Beside Cisco, CompTIA 220-602 tecnician exam and CompTIA SY0-101 security exam and Microsoft 70-236 help you in installing managing and data base by exchange server.

50 comments:

Sang Penyamun 749194 said...

PELAJARAN PALING GW BENCI DI SKOLAH NIH BANG....AMPUN DEH KLO DAH ITUNG-ITUNGAN *HAHAHAAA.....

OOM said...

wah bisa dipelajari nih mas, jujur saja om rada dodol kalo masalah hitung2an hehehe

Plokmaster's Software Blogs said...

Looking for Reallusion iClone PRO v3.0 ? Download it now @ AriesGames!

IBNU said...

Ampun, emang otak suda bebal?

ipanks said...

wahhh saya kalo sudah berhitung seperti di atas lama sekali om.tapi kalo untuk ngitung uang, dijamin pasti cepet dan tepat hehehe

thom said...

Baru ngeliat aja dah gimanaaa gitu huehehehe
Masalahnya 'obatnya' dikasih sebotol musti habis semua. Jadi 'anaknya' down duluan Coba kalo disajikan partial. Mungkin 'si anak' lebih bisa menerima. :D

Huehehehe
tapi emang blog ini gak ditujukan untuk ngebahas tutor matematik ding ya.. huehehehe
Sukses bang..

Masih Mau belajar Sama Semua Orang Tak Kecuali Anak Kecil said...

mas, yang pertama gak paham. bisa diperjelas.......?????????????
mohon diperjelas yaaaaaaaaa..............

mantap, ini yang saya cari dari dulu buat adik2ku, keponakannku dll.

lanjuuuuuuuut.........

Azzahra said...

bagus banget, ini pelajaran yg paling saya sukai...........................bagi-bagi ilmu yg lain lagi donk........

buat situs gratis said...

waaaahhhhhh...
berguna sekali...
manfaat...

Anonymous said...

yak ilmunya oke,..cuma perlu latihan biar inget. trims ya

Anonymous said...

Metode yang bagus dan menarik. Tapi apa bisa tolong dijelaskan apabila saya memakai salah satu metode yang anda ajarkan, saya gak nemu jawabannya tuh.. Contoh 64x52 = 3328, lalu apabila saya memakai metode anda hasilnya kok aneh ya? 6x(5+1)=36 4x2=8. 368 hasilnya. Bisa minta tolong penjelasannya? Thx.

Anthony Harman said...

To Anonymous: Metode yang anda pakai hanya bisa digunakan untuk Perkalian puluhan dimana digit pertama kedua angka-nya sama dan masing2 digit kedua apabila dijumlahkan hasilnya 10. Contoh: 47x43

Anonymous said...

waduuw...mbois om...oia,,,
klo perkalian diatas 5 digt dikali dg 5 digit keatas gmn cranya???

ciwir said...

aduhhh... pusing mas...
mendingan pencet kalkulator aja :D

ikhy blues said...

bsa d ajarkan k cucu2 kta nantiii

hehehe

bgus bngt,,,

Anonymous said...

Gak usah belajar ngitung yang rumit... hitung ja hutang qta diwarung berapa terus kita bayar...

Anonymous said...

:p susah ny nich soallllllllllllllllllllllll!!!!!!!!!!

syawal uddin said...

Berarti itu hanya untuk perkalian tertentu saja ya....?

Yusata said...

wah bener - bener cara yang hebat.....tapi lebih hebat lagi kalau dibedah semua

hendyka7 said...

wah bagus tuh..gue juga lagi latihan berhitung

farfalla said...

hebat nii yg bkin ..
gue bz dpt ilmu bru deh, bwt ujian nnti ..
hehe
thx iiyow ..??!!!

Anonymous said...

salut tips n triknya. tapi kebanyakan jadi kekenyangan deh. anyway, thanks ya

Anonymous said...

wha..makasi banget triknya....bisa nih saya bagi2 ilmunya dengan yg lainnya...

Anonymous said...

Utk yg terakhir, gimana saya menjelaskan kepada anakku kls III SD, kalo puluhan yg kedua bkn 16 tapi ganjil (contohnya 14 x 17) ? Bukankah tambah membingungkan ?

Anonymous said...

wahh ,,
enak nihh klw dah dpat cra berhtung yg lbih cpat
wkkwkwkwkaaakkkawkak

Anonymous said...

wahh ,,
enak nihh klw dah dpat cra berhtung yg lbih cpat
wkkwkwkwkaaakkkawkak

Anonymous said...

keren banget ..

sutrisno pauh rawas said...

1-2=0+2=2-1...?=0

Anonymous said...

caranya emang bagus,tapi cenderung pilih2 soal mendingan dibuat perkalian bersusun aja satu rumus untuk semua perkalian kagak perlu ngapalin banyak rumus repot coy!

Anonymous said...

Thx Gan bagus bgt .,.,.,., I like it sangat membantu,.,.,.

myrabbit said...

wah ada nggk carcep menghitung sistem linear....trims gan

Anonymous said...

wow...... good nich
bkn q jd lebih cepat ngitungnya

chandra said...

kalo kpk dan fpb hitung cepat bagaimana kk ????

mutsu said...

buka aj d google
"vedic math"

Anonymous said...

sbnarx aq udh lma smua cara ni,,,,
da trik2 yg lain g,???

dayak borneo said...

4x4=16

Ricky said...

ada cara laen lagi gak kk?
karena saya suka pelajaran matematika tapi tidak tahu cara cepat menghitung nya, kasih yang lain lagi ya kk.....

Anonymous said...

bang, cari lagi trik menghitung cepat dunk,,,
pembagian dengan angka 11 misalnya,,,
2345 : 11 = .....

Anonymous said...

berattttttttttttttttt...............

Anonymous said...

enak ni kk alau ada cara yg lebih cepat lagi dgn begini saya belajar gak pakek bingung cari cara lgi terimakasi ya kk

aguspontang said...

untuk cara yang terakhir sepertinya salah ketik (disana 122 harusnya 112), pi yang pertamanya benar seh...
terima kasih untuk metodenya....
moga bermanfaat...

shun said...

beuhhh ,,,
nice om ,,
bisa berarti + berguna ne ,,
thanks

^_^

aku.indri said...

kalau cara cepat hitung perkalian 2 digit atau lebih gimana caranya oom?

Anonymous said...

nice work GAN

aku.Ita said...

Kak,kaish trik2x yg lain y!klo bisa untuk SMP.Soalny aku blm pintar mat!
Thank's

aku.Ita said...

Kak,kasih trik2x yg lain y?Soalny aku blm pintar mat!klo bisa,untuk SMP y?
Thank's

aku.Ita said...

Kak,kasih trik2x yg lain y?Soalny aku blm pintar mat!klo bisa untuk SMP.
thank's

Anthony Harman said...

To aku.ita:
Kayaknya musti belajar ke Master Joe Sandy dulu deh. Hahaha...

Anonymous said...

waw... keren banget

alam said...

mokase ceg. pas nn buat ak yg bru slesai dpt tugas hpal2an. mau nyeimbangin otak dg hitung2ngan. sger rasane.

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)