Tuesday, January 13, 2009

Di manakah KEBERUNTUNGAN-mu ?

"Kenapa saya tidak sukses kayak dia? Ah, paling saya cuman kurang beruntung saja. Lalu, kenapa keberuntungan kayaknya cuman buat sekelompok orang tertentu aja, tetapi gak pernah ada buat saya?" Mungkin pertanyaan-pertanyaan kayak gitu sering bikin kita kepikiran.

Lucky NumberSemua orang pasti pengin beruntung, karena keberuntungan selalu nyertai sukses. Lalu bagaimana keberuntungan bisa berada di pihak kita?

"Kebetulan aja saya diterima kerja di perusahaan tersebut, dan berhasil mencapai target hingga dapet promosi dengan cepat. Kebetulan aja saya ketemu ama sutradara film pas nganterin temen yang lagi casting, sutradara tersebut lebih tertarik ama saya. Kebetulan aja saya dapat tawaran kontrak kerja ini."

Jawaban-jawaban kayak gitu sering diberikan oleh orang-orang sukses, kalo mereka ditanya pengalaman sukses mereka. Apakah benar kesuksesan mereka cuman sebuah kebetulan?

Ternyata, pengalaman sukses orang-orang membuktikan kalo kesuksesan bukan diperoleh dari serangkaian kebetulan, tetapi keberuntungan. Pertanyaan berikutnya: Apa beda kebetulan dan keberuntungan?

Menang undian, menang doorprize, menang taruhan... itu semua adalah kebetulan. Meraih prestasi dalam karier, bisnis, kemampuan akademis... itu bukan kebetulan, tapi sebuah keberuntungan. Sebuah kebetulan merupakan kejadian yang berada di luar kontrol kita. Sebaliknya, keberuntungan berada di bawah kontrol kita.

Jika demikian, kenapa kayaknya cuman sebagian orang aja yang beruntung mencapai sukses? Apakah kita gak bisa seberuntung mereka? Jawabannya, tentu aja bisa. Semua orang bisa meraih keberuntungan, karena semua bisa mendapat kesempatan untuk menjadi beruntung.

Ada beberapa hal yang mbeda'in orang beruntung dan tidak beruntung...
Orang beruntung bisa ngubah kesempatan jadi keberuntungan.
Jika kesempatan sepertinya gak keliatan, orang beruntung gak nunggu ampe kesempatan itu keliatan. Mereka proaktif nyipta'in sendiri kesempatan buat ngeraih keberuntungan.
Pas mereka ngalami ketidakberuntungan (bad luck), mereka gak berlama-lama menyesali diri atau nyalah'in keadaan. Mereka belajar dari ketidakberuntungan yang mereka alami, lalu bertindak buat mengubah ketidakberuntungan itu jadi keberuntungan.

Nah, dari sini kita bisa pilih... Mau menunggu suatu kebetulan aja, atau mengejar keberuntungan...

19 comments:

nindrianto said...

pertamaxx...wah mantap bang! keberuntungan skrng sering dikambing hitamkan demi sebuah kemalasan, dan kegagalan. Padahal gagal dan tidak beruntung bukan hal yang patut disejajarkan. entahlah...

Anthony Harman said...

To nindrianto;
pertamaxxx buat kamu bro:), bener... Gagal ama tidak beruntung dua hal yang tidak sama. Dalem banget pengertianmu, bro

david said...

itu sudah garis tangan masing2 org...tp yg di atas pengen kita berusaha

nelangsa said...

Mungkin bukan beruntung tapi berusaha, dan jeli melihat kesempatan.

" Kesempatan tidak mengetuk pintu dengan keras kita datang, namun dengan ketukan yang lembut, tinggal bagaimana kita mau dan jeli untuk mendengar dan melihatnya "

:)

frendli said...

tidak akan ada keberuntungan tanpa usaha....

Tony said...

mungkin nasib orang beda2 soal keberuntungan :)

Anthony Harman said...

To david;
Iya Vid, kalo kita gak berusaha, keberuntungan gak mungkin ada di pihak kita
To nelangsa;
Setuju pren, dengan kemauan untuk berusaha, kita bisa jeli saat kesempatan datang
To frendli;
Bener..., keberuntungan datang di balik usaha.
To Tony;
Yang membedakan bukan nasib, tapi kesiapan kita untuk meraih keberhasilan saat keberuntungan itu datang

dewi said...

bener bangt tuh pak...

kalo nunggu kebetulan, kapan beruntungnya...???
orang yang beruntung adalah orang yang jeli melihat kesempatan n peluang.....dan langkah terakhir yang dia kerjakan adalah dia "bergerak" untuk menangkap peluang tsb....

dan orang yang beruntung itu tahu kalo kesempatan g pernah datang 2x...

semangat....

ndop said...

yang bisa mengubah keberuntungan hanyalah DOA.

mochal said...

keberuntungan harus di ikuti dengan kerja keras, niat dan doa

ipanks said...

keberuntungan pasti datang jika waktunya sudah tepat.dan itu merupakan suatu hadiah untuk kita yang terus bersabar :D

Sang Penyamun 43298 said...

JANGAN PIKIRKAN ANDA AKAN BERUNTUNG ATAU TIDAK BERUNTUNG, TETAPLAH TERUS MENGUPAYAKAN APA YANG TELAH MENJADI TUJUAN ANDA, MAKA KEBERUNTUNGAN AKAN MENGHAMPIRI ANDA DENGAN SENDIRINYA.

hrxone said...

klo soal keberuntungan, saya kayaknya ga percaya mas....saya lebih percaya usaha yg maksimal dan doa.. :)

boyin said...

kata orang bijak sih..katanya gak ada yang namanya keberuntungan.karena itu hanyalah karena manusia tidak mengerti akan mekanisme alam..atau bagaimana alam ini bekerja

Anonymous said...

Keberuntungan tiap manusia berbeda, tapi yang pastinya kita semua adalah makhluk paling beruntung dari segala makhluk ciptaanNya...
Hal yang perlu dilakukan adalah berdoa semaksimal mungkin dan berusaha semaksimal mungkin dan berbuat baik semaksimal mungkin, lalu serahkan semuanya kepadaNya...Tak mungkin Sang Pencipta salah memberikan kepada tiap hambaNya...

ahmadx said...

keberuntungan sebenarnya adalah hasil dari belajar yang telah dilakukan sesorang & terealisasi pada kesempatan yang dipeoleh.
intinya belajar dulu baru cari keberuntungan sob..

Anthony Harman said...

To dewi;
Tepat banget, Wi. Nunggu2 terus, kapan kebagian hokky. Hehehe...
To ndop & mochal;
Boleh juga. Udah usaha, udah belajar, keberuntungannya nunggu dari Yang Di Atas.
To ipanks;
Keberuntungan, hadiah dari ketekunan.
To Sang Penyamun 43298;
Kalo penyamun yang angkat bicara, saya nyerah deh :)
To hrxone & boyin;
Sebenernya keberuntungan juga dibutuhkan, bro. Orang Cina menyebutnya Hokky
To ksetiawan;
Setuju. Yg paling utama, mensyukuri keberuntungan pertama yg diberikan Tuhan, yaitu diciptakan sebagai manusia
To ahmadx;
Itu yg saya maksud, bro. Anda sependapat ama saya

kai said...

kalo menurut gw sih.. keberuntungan tu cuma bonus.. yang paling penting tu kerja keras, abis tu baru mengharap anugrah Tuhan atw yang biasa kita sebut dengan keberuntungan.. :D

Kalo kita udah kerja keras, maka peluang keberuntungan tu mampir bakal gede. Begitu juga sebaliknya..

Blues Man said...

Tuhan Maha Adil dan Maha Mengetahui apa-apa yang terbaik buat kita, makhlukNYA... Niat & keikhlasan yang baik, usaha yang keras, serta meluruskan jalan hidup, akan memberikan keberuntungan yang sangat luar biasa untuk kita...

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)