Friday, January 09, 2009

Dikepung BANJIR

Kemaren sore, hujan deras yang membumi-hanguskan Surabaya bener2 bikin saya susah minta ampun.

Banjir di SurabayaAwalnya sekitar pukul 14:30 mendung sudah bikin gelap langit di kawasan kantor saya yang letaknya di jalan Buntaran. Temen2 kantor pada mengeluh, pasalnya jalan di halaman pabrik yang menuju ke jalan raya dah pasti jadi langganan banjir kalo hujan mengguyur.

Bener juga, gak lama hujan turun juga. Deras luar biasa.

Hampir pukul lima, waktu saya pulang, hujan dah rada reda. Tapi, sisa2 yang diakibatkan bikin kami seperti abis ngalami bencana. Hehehe...

Ujian pertama, musti lolos dari genangan banjir di halaman kantor yang lumayan tinggi juga. Untung Mio Soul-ku bisa survive.

Sampai di pertigaan jalan masuk ke Darmo Indah, saya musti menentukan pilihan jalur yang akan saya lewati. Sama2 banjir pasti, tapi yang bikin berat adalah kemacetan yang ditimbulkan oleh banjir itu. Akhirnya, saya pilih lewat Darmo Indah. Deretan motor dan mobil yang bertumbangan alias mogok akibat banjir bikin perasaan jadi ngeri.

Untung masih bisa lolos juga. Lepas dari sana, halangan berikutnya menghadang pas nyampe di jalan Kutei. Liat korban berjatuhan yang semakin gak terhitung, akhirnya saya putuskan menerobos gang kecil yang langsung menuju kawasan terminal Joyoboyo.

Sepanjang Wonokromo, A Yani sampe belok ke Margorejo macet minta ampun... Bayangkan, dah capek, basah kuyub, kena macet lagi. Luar biasa... Banjir dah pasti bersahabat dekat ama macet kali. Hihihi...

Cobaan terakhir dan yang paling berat adalah saat lewat di kawasan Berbek Industri. Emang Ada 3 jalur yang bisa saya pilih agar bisa nyampe rumah. Satu lewat Delta Sari, dua lewat Pondok Chandra dan yang paling dekat lewat Berbek Industri ini.

Pilihan terakhir yang paling dekat dah pasti banjir. Tapi saya bertekad menerobos lewat jalur tersebut. Dah capek bok...

Banjirnya, beneran di luar perkiraan. Yang terparah paling hanya sepanjang 50 meteran, tapi tinggi minta ampun. Deburan ombak yang ditimbulkan oleh mobil2 yang melintas bisa bikin setir motor bergetar hebat. Hehehe...

Untung saya masih mampu lulus dalam ujian terakhir ini juga. Meskipun sandal jepit yang saya pake terpaksa hanyut di tengah2 genangan banjir.

Yah..., kayaknya nasib Surabaya bakalan gak jauh beda ama Jakarta deh...

23 comments:

frendli said...

sepertinya yang namanya banjir gak kenal tempat lagi :D

Bagus Zen said...

Bukan banjirnya yang harus anda awasi, tapi jeglongannya mas. Dulu waktu hujan lebat pernah hampir jatuh gara2 ada jeglongan yang tak terlihat olah mata di Pondok Chandra.

Rian Xavier said...

Dimana2 banjir sekarang.. ==a

david said...

betul tw...

veny said...

wahh Surabaya kena banjir juga ? weleh222
untung selamat sampe tujuan yah meski sendal jadi ilang entah kemana , ga ap2 toh cuman sendal yg ilang .. he222

ipanks said...

walah walah banjir lagi ya om?hmm tapi om gpp kan,mudah-mudahan banjir nya bisa segera diatasi y om

traveller said...

ternyata surabaya tdak beda jauh ma jakarta yah

Harry seenthing said...

Wah kena banjir ya kang, gimana sekarang kondisinya, smoga aja tidak berlarut larut ya kang.

Anthony Harman said...

To frendli;
Iya. Sekarang tambah parah loh.
To Bagus Zen;
Untung saya belum pernah ngicipin jeglongan, mas
To Rian Xavier;
Iya, hampir semua tempat musti kena banjir
To veny;
Iya Ven. Payah banget. Mungkin belum separah Jakarta
To ipanks;
Oke panks. Yg ngatasi tentu bukan saya loh
To traveller;
Kalo liat di TV, mungkin belum separah Jakarta
To Harry seenthing;
Banjir di Surabaya paling lama bertahan sehari lah. Jadi cepet ilang.

Mampir Ngombe said...

Semua berpulang gimana sikap hidup masyarakat..klo masyarakat sadar dan menjaga lingkungan..insya Allah musibah banjir dapat diminimalisir..

dewi said...

hmmm.....bener bangt pak...

untungnya waktu itu g kerja sore
jadi g perlu keluar2...

daerah rumah saya di tenggilis dah jadi kolam renang tuh....
banjir kali ini adil bgt kok...hehehehe

Robby Hakim said...

Coba banjirnya banjir duit ya xixixixi

JALOE said...

hehehhe.. berhasil dari rintangan di bilang lulus.. kayak sekolahan saja...xixixiix

albri said...

hehehehehe...... metropolisnya indonesia selalu begitu

boyin said...

Untung saya udah hidup dalam pengasingan..heee..dulu ya bersahabat dengan banjir juga...

Else said...

makanya JANGAN BUANG AIR SEMBARANGAN!
berenang yukkkk
jaln air dipake utk jalan manusia, ya gak alah klo air jadi marah

Tony said...

lagi ngeri nih disini hujan nonstop :(

OOM said...

sama aja mas di jogja juga hujan mulu nih, untungnya gak sampe banjir sih :)

Carlos said...

Hi! Care to x-link? I have added you already in my list. Have a nice day! http://carlos-ideas.blogspot.com

thevemo™ said...

Banjir bikin susah...

tikno said...

Hari hati dengan jalan yang berlubang akibat banjir. Saya sendiri melihat langsung kejadian dua motor dalam waktu hampir bersamaan mengalami kecelakaan akibat menabrak lubang di jalan.

hrxone said...

banjir, musuh bersama bagi kita kayaknya :)

kai said...

Jakarta juga gelagatnya bakal banjir neh.. :D
Mudah2an gak separah pas Februari 2007..

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)