Saturday, January 31, 2009

Jalan2 di PECINAN Semarang

Sebenarnya, sudah beberapa kali saya berkunjung ke kota Semarang. Tetapi baru kunjungan terakhir kemaren saya dapat kesempatan melihat-lihat Pecinan Semarang.

ChinatownKawasan yang terletak di sekitar Gang Lombok, Gang Pinggir, Gang Warung, Gang Baru, dan Gang Gambiran ini merupakan lokasi pertokoan tradisional yang padat di siang hari. Tetapi, kalau malam, daerah ini berubah wajah menjadi kawasan yang eksotis dan oriental banget. Apalagi pas masih dalam suasana Imlek kayak gini. Ratusan lampion serba merah yang menghiasi di sepanjang jalan, bikin kawasan yang sebenarnya rada kumuh ini nampak gak kalah ama kawasan-kawasan Chinatown di luar negeri sana.

Replika Kapal Laksamana Cheng HoKalau kita melintasi jalan-jalan di kawasan tersebut, kita bakalan menemukan gak kurang dari belasan klenteng yang masing-masing punya nilai historis tersendiri. Kota Semarang dikenal sebagai tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho pada abad ke 15. Semua pasti dah pada tau, siapa Laksamana Cheng Ho ini. Coba sempatin mampir di Gang Lombok, di depan klenteng Tay Kak Sie kita bakal menemukan replika kapal beliau yang diparkir di pinggiran sungai.

SemawisSetiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu, di sepanjang jalan Gang Pinggir akan digelar pusat jajanan "Semawis" yang dimulai sore hingga tengah malam. Ramai banget, semua makanan khas Semarang bisa kita cicipi di acara ini.

Di kota-kota besar seperti San Fransisco, New York dan Sidney, kawasan chinatown merupakan salah satu lokasi yang selalu dijadikan tujuan wisata bagi para turis. Saya pikir, kalau pemerintah kota Semarang jeli melihat peluang ini, gak mustahil kawasan pecinan Semarang juga bakalan gak kalah.

Sayang, pusat makanan "Kya Kya" yang dulunya digelar di kawasan pecinan Surabaya, kurang dikelola dengan serius.

17 comments:

ipanks said...

wah dah lama banget ngga ke semarang nih,pasti dah banyak yg berubah yap om :D

theBC said...

Semarang oh semarang kapan ya saya bisa mengunjungi tempat itu? jadi kepingin kesana tapi saya takut nyasar.. :)

sepakbola24 said...

menunya apa aja ya?
kayaknya kebanyakan mie ya?
keliatannya banyak yg lg megang sumpit tuh
jangan2 dagang mi ayam semua :)

david said...

asyik juga y pergi liburan....pasti enak dech makanan di semarang

Sang Penyamun 020209 said...

baru tau nih ada chinatown di semarang.. asik tuh jalan2nya bro.. bisa makan mie pansit khas cina...

pake ayam aja gpp.. hahhaha...

IFOEL said...

baru dari liburan y mas...

oopshey said...

bung saya juga stay di semarang lho... hehehe
memang pemko semarang belom bisa/berani kaya medan atau makassar...

Anthony Harman said...

To ipanks;
Saya sendiri kurang tau, Semarang dulunya kayak apa, Pank. Cuman buat saya, emang Semarang terkenal ama makanan enak sih
To theBC;
Ehm, sekali2 emang elo mesti nyoba ke sana, bro
To sepakbola24;
Menunya justru kebanyakan makanan tradisional, coy. Favorit saya nasi Gandul ama es puter tuh
To david;
Emang banyak makanan enak di Semarang, Vid
To Sang Penyamun;
Bener boss. Kalo bossnya penyamun suka ama mie pangsit, pasti bakal ketagihan kalo sempet ke sana
To IFOEL;
Bukan liburan, Foel. Kebetulan lagi tugas dinas ke sana

OOM said...

wah banyak beli oleh2 nih mas hehehe udah balik SBY khan?

kai_the17th said...

gw blom pernah ke semarang.. :(

Ardy Pratama said...

jlan2 trus ni bang? Hehehehehehe... Bang klo ntar ke Jogja lgi kopdar yuk, sya dkbarin... :D Ok?? Ok?? Hehehehehe...

nindrianto said...

suasana pecinan emang menyenangkan..oldist banget...kadang inget pilem kungfu jaman dulu....:)

Veny said...

Semarang emang bnyk makanan enak . sempet ke semawis yah , itu yg namanya gang lucu yah , gg pinggir , gg tengah .. gg warung .. smp keder de inget2 nya ha222

Supermance said...

duh, kayaknya tempat buat dijadiin tempat hangout enak tuh ....

Anonymous said...

Tlg dunk d ksh tau alamat kmpg pecinan semarang itu dmn?

Anthony Harman said...

Sebenarnya gak sulit menemukan daerah pecianan Semarang. Karena secara garis besar, kawasan tersebut dikelilingi Jalan Gajah Mada, Kampung Kali, MT.Haryono hingga Pasar Johar. Tinggal pilih, mau masuk dari arah mana...

Tha vhe said...

keren banget

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)