Friday, January 16, 2009

Seharusnya...

Hari ini papa saya ultah. Dah 68 tahun usianya sekarang. Saya rasa, dah bukan usia produktif lagi buat tetep kerja, tapi kayaknya papa masih seneng ngurus tokonya di Cepu.

Sebenarnya bukan toko istimewa yang bisa diandalin sih, dah kalah saingan ama toko-toko baru yang banyak nongol di sekeliling kota Cepu sekarang ini. Tapi dari usaha toko itulah, papa bisa membesarkan kami.

Namun demikian, papa kayaknya gak pengin saya nerusin usaha tokonya itu. Mungkin dia tau, usahanya itu dah gak punya prospek lagi ke depan. Dia pengin jual semuanya, dan pindah kemari agar deket ama anak-anaknya.

Cepu, 160km jauhnya dari sini. Dan papa cuman tinggal berdua bareng mama, ditemenin seorang pembantu yang juga dah rada lanjut usianya. Bayangin, gimana perasaan saya di sini, sebagai anak sulungnya. Seharusnya papa dah waktunya pensiun dan tinggal bareng kami di sini, menikmati hari tuanya bersama mama.

Tapi papa saya bukan ortu yang gampang asal menggantungkan hidup pada anak-anaknya.
Pernah waktu santai papa berkata, kalo dah waktunya "dipanggil Tuhan", beliau pengin dikremasi saja, agar kelak gak nyusahin kami. Pengin nangis rasanya kalo inget kalimat itu.

Kadang kalo malam tiba, saya sering berpikir, apa yang dah saya kasih buat papa. Gak ada yang sebanding ama apa yang dah beliau perjuangkan buat saya. Seandainya saya udah lebih sukses daripada hari ini, seharusnya sayalah yang paling punya kewajiban buat membahagiakan mereka.

Seharusnya begini, seharusnya begitulah... Banyak sekali kata seharusnya yang belum sanggup saya penuhi.

27 comments:

david said...

pertamaxxx

david said...

keduaxxx

david said...

ketigaxxx

david said...

wah cerita yg menyedihkan boss...titip salam n Met Ultah dari saya...

Anthony Harman said...

To david;
Hehehe... makasih Vid.
Bentar lagi, kamu bakal menduduki kursi "The Top Commentator" di blog ini loh

frendli said...

yang penting doa in selalu.... kita sebagai anak memang gak bisa membalas semuanya, tapi kita harus selalu berusaha untuk membahagiakan keduanya...

JoVie said...

David hatrick, ikutan akh biar jadi top komentator....hehe...

Met ultah buat Papanya Mas Anthony...
Memang orang tua kita selalu berkorban untuk anaknya tanpa pamrih, kayaknya ortu mas Anthony adalah seorang pekerja keras,....

Salam buat mereka yah mas......Suatu saat nanti pasti Mas Anthony bisa membahagiakan keduanya...

thevemo™ said...

Sama seperti Nenekku, di kampung, gak mau tinggal sama anak anaknya, padahal jauh banget tu jarak kampung ( di Gunung Tua ) dengan Jambi...

Papa mu orang yang hebat bro...

Coba bujuk papamu pelan -palan agar mau tinggal sama anak anaknya

Anonymous said...

Ok deh Mas met ultah buat Papah Mas...
semoga sehat sentosa dan bahagia lahir batinnya...

Kita akan mengetahui makna kata dari orang tersebut setelah orang tersebut meninggalkan kita selamanya...yang pastinya selama masih bersama kita, kita senantiasa berusaha semaksimal mungkin membahagiakannya dengan cara dan gaya masing-masing sesuai dengan kemampuan kita...satu sisi lain orang tua hanya ingin anak-anaknya semua bahagia, lebih segala-galanya dari mereka...

ndop said...

piye yo bang, aku durung sugih e, dadi yo bingung arep ngowehi opo nang makku...

mm... prestasi mungkin..

halah ndop, kowe khan bodho, gak nduwe prestasi... aaaaahh...

junjungpurba said...

jadi ingat bonyok di kampung hik...

Cebong Ipiet said...

owalah... papah mama tinggal e di cepu mas...emak bapakku di bojonegoro hehehhehe...
salut bwt orang tua yg tulus ngasih kasih sayang bwt anaknya bnr2 g ngarep imbalan

Keris said...

Kalau cepu sama Sleman, YK deket nggak seh? Maklum ips rada ketinggalan

OOM said...

Selamat ULTAH yang ke 68 buat bapaknya ya mas, walah jangan sindir2 cepu dong jadi gak enak nih hahahaha

boyin said...

Kalo beda 160km aja..tiap minggu ditengokin donk bro..oya bro..mampir yah.ada award dariku...heee

Anthony Harman said...

To frendli;
Bener, fren. Kita cuman bisa ndoain aja
To Jovie;
Ditunggu hatrick-nya:)
To thevemo™;
Oke bro. Saya akan ikutin nasihatmu
To ksetiawan;
Makasih juga, wan.
To ndop;
Kowe lak wes nduwe prestasi di dunia maya leh, ndop
To junjungpurba;
Inget kampung yang mana, boss?
To Cebong Ipiet;
Saya juga pernah tinggal di Bo'Gor, bonkz. Sekolahku di SMAK jl.Untung Suropati itu.
To Keris;
Sleman rada jauh dari Cepu, bro
To OOM;
Napa OM, jadi inget calon mertua yah?
To boyin;
160km bukan jarak yg jauh emang. Hehehe...

TUKANG ARSIP said...

doain mas semoga sehat selalu amin...

Harry Seenthings said...

sedih buanget kang bacanya

dewi said...

kadang orang tua hanya deket ma anak2nya ajah dah bikin gahagia mereka...karena ak juga ngerasain gimana senengnya mama n papaku klo anak2nya dah pada ngumpul...padahal anak2nya lom ada yang nikah tuh...bayangin kalo dah pada nikah semua...

jadi g tega...but, live must go on...

blogngeblog said...

Kok sama ya dengan yang ada di hati atau benak gue

aha said...

wong cepu ta ternyata.. he2... salam buat bapaknya deh.. tambah sehat selalu.. semoga panjang umur ya..

BlaGaBloGer said...

Happy b'Day buat papa...
Semoga papanya selalu sehat mas,,, dan mas bisa memenuhi "seharusnya" sebelum semua terlambat....
AMIN.......

Yopan Prihadi said...

Seringkali ditengah keheningan malam, saya sendiri selalu berpikiran seperti mas Anthony...
Kapan saya bisa memberikan yang terbaik buat orang tua saya, sementara sudah bertahun-tahun lamanya beliau mengurusi kita dengan tulus dan ikhlas.
Yah...semoga ini menjadi titik balik menuju kebahagiaan beliau berdua mas Anthon....

Andre said...

Wah..nice posting..jadi inget ama papa saya..tapi semua orang bakal mengalami hari tua kan?

btw, bro Anthony dapet award dari saya. thanks..

Anthony Harman said...

To TUKANG ARSIP;
Makasih doanya...
To Harry Seenthings;
Ini tissue-nya, bro :)
To dewi;
Live must go on. Bener juga, Wi
To blogngeblog;
Mestinya setiap anak bakal mikirin hal yang sama, bro. Mikir gimana cara membahagiakan ortu.
To aha;
Anda juga wong Cepu, yah?
To BlaGaBloGer;
Makasih doanya. Saya sangat mendambakan hal itu
To Yopan Prihadi;
Kayaknya kita semakin sehati aja neh, pak Yopan
To Andre;
Makasih Awardnya, Ndre

Anonymous said...

perlu waktu dan kedewasaan untuk memahami orang tua dan orang yang kita cintai Http://slowriver.multiply.com

ipanks said...

yah begitulah namanya orang tua, beliau ngga mau menyusahkan kita sebagai anak-anaknya walaupun kita tidak akan keberatan.

om, daku titip salam untuk papa dan mama ya om.

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)