Saturday, April 18, 2009

Polling SMS

Ngikutin acara The Master di RCTI? Final Session 2 pemilihan master magician itu dah berakhir tadi malam. Pemenangnya Limbad, pakar fakir magic asal Tegal itu.

Kalo mau jujur, siapa sih yang kamu jagokan dari dua finalis kemaren? Apakah hasil akhirnya sudah sesuai harapanmu?

Saya ngikutin acara The Master ini sejak session pertama. Terus terang saya beneran baru tau, ternyata banyak orang2 berbakat dibidang magic di tanah air kita ini. Semua peserta punya atraksi andalan masing2 untuk dipertontonkan. Semua punya kelebihan dan keunikannya sendiri2.

Dan kadang, ada perasaan eman kalo calon magician yang kita andalkan dan kita nilai sebenarnya punya potensi lebih dibanding yang lain ternyata musti dieliminasi hanya karena kalah jumlah dalam perhitungan polling SMS.

Polling SMSNgomong soal polling SMS neh... Demam pencarian bintang layar kaca yang penilaiannya berdasarkan polling SMS akhir2 ini memang marak. Selain dianggap paling akurat karena murni berdasarkan pilihan pemirsa, kalo mau itung2an, kalian tentu udah bisa memperkirakan berapa keuntungan pihak penyelenggara dari hasil tiap SMS yang masuk.

Tetapi, seberapa akuratkah hasil polling SMS ini? Ingat!!! satu nomor ponsel bisa mengirimkan lebih dari satu bahkan seratus sekalipun dalam hal ini.

Saya inget isu yang merebak saat acara pemilihan idola di TV yang juga melalui polling SMS ini beberapa tahun lalu. Ibu si pemenang kontes yang kebetulan berasal dari keluarga berada dikabarkan bisa menghabiskan belasan jutaan rupiah pulsa demi mensupport anaknya melalui polling SMS.

Saya rasa ini masuk akal juga. Untuk mendapatkan sesuatu, memang ada harga yang mesti dibayar. Apalagi sesuatu yang diincar adalah sebuah ketenaran yang tentu aja jauh lebih berharga dari hadiah kontes itu sendiri. Jika memang demikian, kembali lagi kemenangan hanya milik pihak yang memiliki kemampuan untuk membelinya.

Lantas, seberapa akuratkah hasil polling SMS itu?

12 comments:

yudi said...

begitulah, yang paling baik belum tentu menang kalo pake polling sms

Taktiku said...

Kadang-kadang hasilnya sesuai kadang juga tidak mas, tapi kalau untuk yang ini rasanya sesuai deh secara Limbad lumayan bagus juga sulap-sulapannya. Menegangkan :D

aprillins said...

secara statistik akurat.. tapi kalo secara kemenangan yang sesungguhnya(paling banyak digemari masyarakat) belum tentu akurat.. kan 1 orang bisa ngirim beribu ribu sms..

joe said...

karena yang menentukan adalah berdasarkan banyaknya sms yang masuk tentu saja tidak obyaktif, bisa saja satu orang menghabiskan sampai jutaan untuk mengirimkan sms

aprillins said...

setuju sama pendapat komentar yang di atas.. eheh
ngomong ngomong pemilik blog ini (pak anthony) gaul juga ya masih sempet nge-blog disela sela kesibukan.. :)

Anthony Harman said...

To aprillins;
Justru kesempatan nge-blog ada kalo pas lagi sibuk gini:)
Thanks dah mampir

tikno said...

Kalau memang ada "harga yang dibayar" berarti kita mendapatkan jawara palsu.

trimatra said...

ketika kehidupan sudah terjerumus kedalam budaya instan maka akal sehat biasanya mulai ditinggalkan, begitu kang herman komentarku.

thom said...

Gak pernah deh yang namanya ikutan polling semeses bang..
Busyet 2rebu sekali semeses..
Mending sms yang lain aja :D

thom

Rendy BlogHeboh "Blog Dofollow" said...

Keren nih blognya..
Semoga sukses yaa..

Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan janga lupa berkomentar sebanyak-banyaknya biar dapet banyak backlink yg akan meningkatkan link popularity soalnya BLOG HEBOH sudah menerapkan sistem dofollow dan BLOG HEBOH akan mengadakan LOMBA TOP KOMENTATOR..

subagya said...

wah ini namanya modus kapitalis baru..hmm.. baru tahu saya

kai said...

tapi kadang aneh aja, kalo yg menang ternyata ga cocok ama penilaian juri.. :D

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)