Monday, May 04, 2009

Jemput BOLA

Gak terasa, hampir tiga bulan sudah saya ngantor di HiTech Mall. Kalo diitung2, lebih asik nge-pos di sini, dari pada waktu masih di factory dulu. Selain jam masuknya jauh lebih siang, di HiTech Mall ini saya tiap hari bisa cuci mata...

Gimana nggak, di sini kan' mall, selalu rame dengan pengunjung yang beraneka macam bentuknya. Dan yang paling asik lagi, di sini banyak makanan, entah itu di cafe, pujasera atau tinggal nelpon aja supaya diantar ke tempat kita.

Hampir tiap jam, penjual jajanan keliling yang menawarkan dagangannya juga gak pernah absen. Ada satu a'ik (bibi) yang jualan jajanan kayak lemper ama resoles. Tiap hari a'ik itu selalu mampir di kantor saya, gak pernah kelewatan sehari pun. Kadang saya bosen ama menu yang dia tawarkan, tapi saya selalu beli, meski cuman satu biji buat camilan. Anehnya, a'ik tersebut gak mau mampir setiap saya gak ada di tempat. Hehehe..., kayaknya saya ini customer favoritnya yah.

Yang juga gak luput dari pengamatan saya adalah perusahaan ekspedisi. Tau kan' maksud saya, itu tuh...perusahaan yang menjual jasa pengiriman barang ke luar kota. Tiap sore, para karyawan ekspedisi itu selalu keliling sambil membawa troli. Mampir dari satu toko ke toko lain mengambil kiriman barang. Istilahnya jemput bola.

Ada satu langganan ekspedisi yang selalu mampir ke kantor saya, buat ngambil kiriman barang. Tiap sore..., gak pernah absen, entah itu ada kiriman ataupun tidak, mereka gak peduli.

Salut buat pengusaha2 ekspedisi macem mereka ini. Menurut pendapat saya, mereka ini sangat jeli dalam menjemput peluang. Bayangkan, sewaktu masih ngepos di HQ, saya harus nyediain satu armada khusus buat kirim barang orderan ke kantor ekspedisi. Karena memang sepengetahuan saya, perusahaan jasa ekspedisi kebanyakan gak menyediakan servis pengambilan barang macem gitu, meski kirimannya dalam jumlah besar.

Nah, di sinilah bedanya. HiTech Mall memang dah dikenal sebagai pusat perdagangan dan distribusi komputer dan segala aksesorisnya, bahkan mungkin di seluruh kawasan Indonesia timur juga. Hampir semua perusahaan distribusi yang berhubungan dengan kompi pasti punya basecamp di sini. Bisa diitung deh, seberapa rame trafik kiriman barang antar distributor-dealer maupun dealer-retailer ke luar kota perharinya. Peluang inilah yang ditangkap oleh perusahaan ekspedisi yang kreatif. Sehari ngepos di parkiran HiTech Mall, kira2 bisa dapet berapa kiriman coba...

Tapi sayangnya, ternyata masih banyak jalur tujuan yang kosong di sana sini. Saya baru nemu perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa kirimannya ke tujuan seputar Jatim aja. Coba kalo semua tujuan pengiriman tersedia di HiTech Mall ini, saya jadi ngirit, gak perlu nyediain armada pengiriman lagi. Hehehe...

Ayo, siapa lagi neh yang mau jemput bola menangkap peluang ini?

6 comments:

Blogger Magazine said...

wah ada peluang usaha donk nih.. enak juga ya bisa liat2 pengunjung yang beraneka macam bentuknya... hahaha.. :D

Harry Seenthings said...

wah berarti entar kalo kang anthony ngirim ke ciamis ke aku gag isa dong kang

kai said...

biasanya kan jemput bola tu servis khusus bwt pelanggan setia.. bener gak?

Anthony Harman said...

To kai;
Bicara soal 'pelanggan setia', saya jadi inget Telkom Speedy.

Saya pelanggan setia, tetapi gak dijemput bola. Tetapi ditendang bola. Hahaha...

Cebong Ipiet said...

heuehue yupie lah butuh semua ttg komputer, notebook dan semuanya ya ke hitechmall, nyebutnya THR dulu hehehhe

Mario Tegar said...

Kreatif

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)