Monday, June 22, 2009

Susahnya Nyari Karyawan...

Semua pasti pada menyadari, saat ini negeri kita lagi dilanda krisis. Kondisi bisnis sedang lesu. Banyak perusahaan yang lagi berusaha melakukan efisiensi, bahkan gak sedikit yang sudah mengurangi jumlah karyawannya.

Tetapi, saya heran banget... Sudah hampir dua minggu beriklan di Jawapos sehubungan dengan kebutuhan karyawan bagian penjualan di perusahaan kami. Tetapi hingga hari ini, gak ada satupun lamaran kerja yang datang di meja saya.

Berbagai usahapun udah kami lakukan loh, contohnya aja dengan pasang iklan lowongan kerja di instansi-instansi lain seperti di papan pengumuman yang ada di tempat ibadah (Hehehe..., nyari karyawan koq di tempat ibadah!).

Fenomena apalagi yang sedang terjadi sekarang. Saya sempat bertanya-tanya, apakah mungkin para peminat kerja di bidang penjualan dan pemasaran udah amat langka yah...

Padahal menurut saya, bidang pekerjaan ini sangat menantang dan tentu aja sangat menjanjikan. Ibarat di lapangan bola, kita ini berada di garis depan sebagai seorang striker yang langsung berinteraksi dengan customer.

Well, apapun sebabnya, di tengah kondisi angka pengangguran yang terus meningkat, seharusnya hal seperti ini bukan sebuah alasan sih.

Minta pendapatnya donk...

12 comments:

buat situs gratis said...

kok bisa yah.... hehe

pangki[dot]com said...

Ndak ada salahnya pasang info di Tempat Ibadah.. toh aku sendiri liat di tempat ibadah aku juga lihat hal yang sama. Mungkin akan lebih terpercaya kali ya... (teman seiman)

Jiewa said...

Kalo nyari karyawan jaman sekarang lebih baik via temen kali, lebih terpercaya.
Btw.. good idea juga ya dari Pangki :)

kai said...

mungkin iklannya kurang gede mas..
coba pasang satu halaman, pasti banyak tuh lamaran kerja yg masuk.. :D

DuniaPiyen said...

sepertinya memang aneh.... mungkin udah pada keenakan gak kerja tuh

Fanda said...

Mas, Aku pernah juga ngalamin hal yg sama. Kelihatannya sekarang banyak yg cari kerja justru lwt internet. JobsDB atau Karir.com. Bahkan perush2 besar macam Sinar Mas, Sampoerna juga pasang disitu. Coba aja mas, biaya jg jauh lbh murah. Terakhir pengalamanku, dapet jg sales yg lumayan bagus.

Dia aku tanya2in bgmana cara dia n temannya cari kerjaan sekrg, katanya lwt internet itu. Tp memang, sekrg makin sulit kok cari sales. Aku jg bakal cari sales nih. Kasih tau ya mas klo lwt tempat ibadah gimana responnya.

cebong ipiet said...

iyah mas mungkin udah kadung mikir, waduuuh penjualan musti nyales.. ya tergantung orangnya si.. kalo emg penyuka tantangan.. kalo yg enggak y pasrah ehhehe

budi artha said...

masalah karyawan atau tenaga kerja memang banyak akan tetapi sedikit dari mereka yang tidak mempunyai keahlian yang bapak cari.... klo pendapat saya sendiri sich orangnya malas untuk mencari tau apa sich.....pekerjaan itu

AlvienRizki said...

pake iklan ukuran 2 halam mas, kek iklannya capres gitu... heheheh

albri said...

orang Indonesia itu sukanya bagian administrasi, pada goblog, padahal tanpa pemasaran administrasi gak akan dibutuhkan. Bener gak mas?

Paramita said...

Salam kenal... saya juga mengalami hal yang serupa dalam merekrut sales, apalagi yang kita butuhkan adalah sales wanita yang bisa mengemudikan mobil dan memiliki SIM A, susahnyaaa setengah mati. Iklan di Internet sudah sering banget kita pasang, tapi hasilnya minim, dan dari sedikit pelamar wanita yang masuk melalui iklan kami itu, lebih dari 50% nya tidak datang ketika dipanggil untuk interview.... Pernah dalam sehari saya invite 10 orang dan tidak satupun yang datang.
Saya coba googling mengenai hal ini dan ternyata banyak perusahaan yang mengalami hal serupa. Kami sedang mencoba berbagai formula untuk mengatasi ini, antara lain dengan menaikkan standar starting salary, dll.

Anthony Harman said...

@Paramita: Salam kenal juga. Wah, ternyata bukan cuman kami aja yang mengalami toh...

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)