Tuesday, January 19, 2010

Pengurangan Fasilitas

Setahun sudah saya ditempatkan di kantor cabang distribusi yang berlokasi di HiTech Mall.

Sekarang saya jadi ngerti, kenapa perusahaan mesti repot2 keluar dana untuk membangun showroom di mall ini segala. Jika diitung2 sewa kantor di sini sudah tentu jauh lebih mahal di banding sewa ruko ataupun rumah.

Salah satu jawaban yang pertama kali nongol di pikiran saya adalah karena di sini, kami berada di lokasi dimana sebuah pasar sudah terbentuk. Coba bayangkan, jika kita menjual satu jenis produk di sebuah tempat dimana orang mencari produk jenis itu. Artinya, pembelinya sudah ada dengan sendirinya, tinggal gimana caranya kita memenangkan persaingan.

Demikian juga yang terjadi dengan kami di HiTech Mall ini. Kami jadi makin mudah "menaklukan" satu-persatu dealer2 yang semula belum berkenan memasarkan produk kami.

Satu lagi kemudahan lain yang kami rasakan di sini. Ternyata gak sedikit perusahaan ekspedisi yang jemput bola ke sini. Mereka ngepos di tempat parkir, kemudian personilnya berkeliling mall untuk mengambil barang2 kiriman dari outlet2 yang mendistribusi barang jualannya hingga ke luar kota. Bayangkan, berapa beaya armada pengiriman yang bisa kami hemat dengan adanya layanan kayak gini.

Tetapi belakangan ini, pihak pengelola Mall malah melarang keberadaan layanan dari pihak ekspedisi, entah apa alasan mereka.

Bagi kami penyewa stand, berkurangnya kemudahan yang selama ini ada tentu merupakan kerugian. Bagi pengelola Mall, dengan tidak adanya armada ekspedisi yang berkeliling di sini adalah sebuah pengurangan fasilitas.

Mungkin saya tidak paham terhadap faktor yang menjadi bahan pertimbangan pengelola. Tetapi, saya pikir tidak ada pihak yang dirugikan dengan adanya simbiosis tersebut. Pihak ekspedisi bisa mengais rejeki di Mall, pihak Mall bisa menjual layanan ekspedisi tersebut sebagai nilai tambah.

Ya sudahlah... Paling banter, mulai sekarang kami terpaksa harus tambah pengeluaran untuk menyediakan armada pengiriman. Hahaha...

8 comments:

yudi said...

di bagian pemasaran ya mas?

toko dvd said...

wah sayang sekali kalau menurut saya. pihak pengelola mungkin sensi ngeliat petugas ekspedisi seliweran di mall kali ya..

blog saya menjelaskan tentang CPM Ads.

video fitness said...

padahal seharusnya pihak mall juga akan diuntungkan dengan kehadiran ekspedisi. kok malah tidak direstui ya?

Bisnis Online said...

kapan ya bisa bangun mall sendiri ??

Fanda said...

Jadi ikutan mikir...kenapa ya mal ga mengijinkan ekspedisi itu? Apa mungkin pihak mal mau mengadakan fasilitas sendiri dengan menarik fee lebih? Hehehe...itu kalo aku yg jd managing director mal-nya , mas!

Anthony Harman said...

To Fanda: Kayaknya memang begitu, Fan. "Harga"-nya belom cocok kali...

Bung Eko said...

Itulah enaknya kerja di pemasaran. Semakin hari menjadi semakin cerdas karena menghadapi berbagai persoalan yang lain dari hari ke hari. :D

Mario Tegar said...

ide yang sangat kreatif sekali dari pihak ekspedisi,dengan menerjunkan langsung personil ke mall,hehehehe tetapi alangkah baiknya jika dari pihak ekspedisi meng konsultasikan dulu dengan pihak mall,agar diberi izin ataupun mencari alternatif lain seperti exit door n lift khusus bagi para pekerja,supaya tidak mengurangi kenyamanan para pengunjung,hehehehe

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)