Monday, January 25, 2010

Sales Promotion Girl

Siapa yang belum tahu kalo SPG singkatan dari Sales Promotion Girl. Itu tuh, sebutan untuk cewek2 yang bertugas mempromosikan produk dalam sebuah event.

SPG PameranYang pengin saya bicarakan kali ini sih SPG yang memang disewa secara khusus untuk meramaikan stand pameran. Artinya, mereka bukan karyawan tetap perusahaan yang bersangkutan, melainkan hanya dibayar selama mereka dibutuhkan. Tentu saja SPG-SPG ini tidak hanya bekerja untuk perusahaan tertentu saja, melainkan bisa berpindah2 dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Hari ini mempromosiin produk printer, mungkin saja pas ketemu lagi dah ganti ke produk rokok.

Sejak saya pertama kali kerja belasan tahun lalu hingga hari ini, SPG ini bagai sudah menjadi hal wajib yang harus ada saat kita terjun dalam sebuah event eksibisi. Ada yang kurang kalo kita tidak keluarkan beaya ekstra untuk menyewa SPG2 ini. Padahal, fungsinya kurang begitu jelas menurut saya. Kalo untuk urusan push penjualan, sudah tentu salesman2 kita lebih jago, karena SPG kan' baru mendapat informasi mengenai product knowledge beberapa hari sebelum pameran berlangsung.

Yang bikin heran, cewek2 yang terjun untuk menjadi SPG juga seakan gak ada habisnya. Silih berganti dari jaman ke jaman. Ada yang sudah "pensiun", tetapi banyak pula pendatang baru yang nggantiin.

Kebanyakan mereka adalah mahasiswi yang menjalankan pekerjaan sampingan ini sambil kuliah. Tapi gak jarang yang menjadikannya sebagai profesi, yang tentu saja dijalani dengan serius. Maklum, bayaran SPG ini lumayan menggiurkan. Minimal 100ribu pershift sudah pasti mereka kantongi. Bahkan di Jakarta, harga pasaran SPG ini bisa lebih dari 300ribu pershift-nya.

Gimana? ada yang tertarik untuk ikutan jadi SPG...

10 comments:

Lex dePraxis said...

SPG adalah sebuah seni dalam kampanye penjualan.

babi ngepet said...

tapi kok sering buanget orang menganggap negatif aja yah om.......padahal kalo gag ada mereka, barang gag ada yang laku...bener gag om?

Anthony Harman said...

To babi ngepet: Hehe... pengin ketawa aja kalo pas lagi ngetik nick name anda ini, bro. Tapi, bener juga pendapat anda.

Bisnis Online said...

biasanya anak SMA dan Mahasiswi yang pengen dapet duit tambahan bisa nyambi jadi SPG

alhejawi said...

Yah namanya juga usaha mas... :D

tukang Ndobo$ said...

Mungkin karena mereka tahu kalau penghasilan dari jadi SPG ini lumayan maknyusss...

Bung Eko said...

Bisa jadi mereka cuma mau meluaskan jaringan saja. Soalnya kalau saya lihat profesi SPG itu punya kesempatan ketemu orang banyak setiap hari. Siapa tahu ada yang nyantol dan bisa bawa perubahan nasib. Entah itu melalui jalur profesional, mupun jalur asmara. Hehehe....

Anthony Harman said...

To Bung Eko: Hahaha... Anda bisa aja. Tapi, memang bisa juga kayak gitu.

kai said...

wuduh.. gede gaji SPG sebulan daripada gaji gw.. :D

Mario Tegar said...

Setau saya SPG lebih tepat sebagai magnet untuk menarik para pengunjung untuk singgah ke stan yg mereka jaga,apalagi kalo launching produk baru,tapi menurut analisis saya memang lebih tepat menggunakan spg, kalo salesman lebih cenderung terjun ke lapangan... tapi apapun jabatan dalam suatu perusahaan, yang penting adalah kekompakan antar kryawan dalam suatu perusahaan.

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)