Tuesday, April 13, 2010

Tiongkok Stories : Legend/Myth or History???

Sehabis FB-an ama Nita, temenku waktu kuliah, jadi kebayang2 terus cerita2 favorit jaman dulu (sampai sekarang) yang menarik2... Sampe aku ngga bisa bedain mana yg myth, dongeng atau bener2 sejarah. Hahahaha... Yang menarik tuh tokoh2nya ya... dan alurnya yg nggak mboseni. Coba liat list di bawah ini khusus cerita dari Tiongkok.

Sebelumnya mohon maaf jika ada kesalahan penulisan nama tokoh apalagi pinyin-ku ga karuan :)) or kesalahan2 lainnya. Wkwkwkwk, monggo dikoreksi en dikasi komen :D maklum amatiran aja.

ANYONE KNOWS?

1. Kisah Yoko (en Kwe Cheng) dalam cerita2 silat... musuh2nya kayak Li Mo Chow trus hakim roda emas terus tokoh2 menarik kaya 4 apa 5 jagoan (racun barat dsb) trus ada Cu Pe Tong, Ang Cit Kong si ketua Kai Pang, hayo ngaku siapa yg pernah ngefans ama Yoko jaman dulu? walau ketok banget palsunya burung rajawali en setting filem yg jadul tapi laris lho, sampe si Andy Lau diundang ke Indo saking banyak'e fans :)) Kisah ini --> Legend/Myth, atau tru stori?

2. Trus kalo ga salah setelah periode Yoko ada cerita Tio Bu Ki (Golok Pembunuh Naga) ama Tio Beng trus ada Cu Ci Jiak en berhubungan ama Bu Tong Pai or Go Bi Pai (Sebenere Tio Sam Hong ama Bu Tong Pai itu ada sungguhan ga sih?)
Kisah ini --> Legend/Myth, atau tru stori?

3. Era setelah itu aku ga tau ada cerita apa yg terkenal... Tapi sempet kita nonton cerita tentang Sun Go Kong yg kental ama agama Budha. Perjalanan ke barat Tong Sam Cong didampingi Ti Pat Kai sama sapa tuh satu'ne aku lupa itu bener settingnya di Tiongkok ya?... ke barat itu maksudnya kemana sih?
Apa Kisah ini --> Legend/Myth, atau tru stori? atau Religius Story (maklum blm belajar banyak ttg agama Budha)

4. Trus kisah Pai Su Cen (ya ampuuuuuuun aku kok dulu bisa seneng nonton film ini yaaaa ???) Siluman Ular Putih vs biksu apa gitu... Yang hobi "suamiku..." en "istriku....." (waktu nulis ini kebayang lagunya ular putih !!! en gambaran Pai Su Cen peluk2an ama Han Wen di toko obat Pau An Tan) Aku bahkan ga inget critanya gimana sih film ini hahahahaha...
Kisah ini --> Legend/Myth, atau tru stori?

5. Setelah itu apa ya... agak melompat jauh ke kisah 3 negara Sam Kok... tentu saja yg jadi idola ya tokoh2 itu terutama krn filem2baru sih jadinya yg terkenal Chau2 vs Liu Bei yang punya jendral2 keren.. salah satunya Guan Yu (katanya dia itu yg skr disembah as Kwan Kong?) Chau Yun , Chang Fei dan yg pasti Mr. Zhu Ge Liang yg super hebat...
Kisah ini --> Legend/Myth, atau tru stori?

Dari yang diatas itu yg paling jadi favoritku ya Sam Kok, mungkin karena itu cerita bukan anak2 lagi en kebetulan filemnya bagus2 (Red Cliff - Three Kingdoms, etc). Jadi tambah asyik aja hahahaha... Cuma sampe sekarang belum kesampean baca buku-nya. Selama ini cuma dicritani ama "babahe" Anthony ama liat di Wiki en pilem2 aja...
One day I ll buy the book deh :D

Ditulis oleh: Milka Yustanika

7 comments:

Fanda said...

Hahahah...jadi nostalgia nih waktu jaman sekolah dulu menggilai Sia Tiau Eng Hiong, Sin Tiauw Hiap Lu, To Liong To dsb. Tiap sewa VHS-nya ketika liburan bisa langsung 10-an kaset. Nonton maraton, hanya disela mandi, makan, tidur. Parah banget ya? Kalo seri selanjutnya lagi keluar, tukang antar videonya yg diomelin (pdhal kan bukan salah dia?). Kenapa ya kok bisa nyandu banget?

Menurutku sih semua itu hanya cerita yg mengambils etting sejarah yg ada. Bu Tong Pay memang ada, tapi apakah pernah hidup seorang Tio Sam Hong? Kuragukan deh.

Eh saking gilanya, aku dulu sampe beli kaset2 theme songnya. Terus beli foto2 pemerannya di Ps Atum (depan bioskop). Gila poool!

Anthony Harman said...

To Fanda: Hahahah... ternyata bukan cuman saya aja toh...

Bung Eko said...

Dari semua itu, yang saya tahu cuma Pai Su Chen sama Sam Kok, dan saya juga suka banget sama Su Chen. Cuma karena dulu tinggal di pelosok, jadinya cuma ngandelin buku di perpusatakaan SMP, terus nonton di tetangga yang punya parabola. Oalah... ^_^

mubaroki said...

kunjungan sore ajah...
soalnya q gk patek nggenah...
he.. he.. he..

thom said...

Jadi inget dulu pas jamannya Yoko dan Nona Lung ama Si Bocah Tua Nakal :D Dulu dibela belain nyebrang kali buat nonton pilem kek gitu sama Satria Baja Hitam :D

saya mah nganggepnya itu cuman fantasi aja :) Gak tau deh aslinya :D

EmmyChen said...

jangan lupa ada dewa ci kung.. si pengemis itu.. yg dari bolotnya bisa jadi senjata hahahahaa... aku dulu ngikuti smua wakakkaka :D

my dad said dulu smuanya itu ada.. tokoh2 itu ada.. *tp siluman ular putih agak2 ga meyakinkan sih haha* sun go kong itu ada juga, *kalo ga ngapain ada patungnya guede di Cina?*
aku sampe kaget kok papaku ngerti filmnya red cliff..hapal nama2nya.. ternyata itu cerita fave beliau tentang sejarah dinasti2 Cina :)

Reinny said...

emmm,, qlo kwe cheng, yoko, ma tio bu ki tuh cm legenda belaka deh kekx,,, walaupun dalam ceritax ada slh satu tokoh betulan (genghis khan),, wkaka,,, tp kekx tuh supaya ceritax berbumbu..

trus,, sun go kong itu novel kuno yg ditulis dr zaman dinasti ming (qlo dag salah)..

ular putih cm mitos,,, karena mulax cm cerita yg biasa dibawakan d atas panggung, n karena dulu pentas yg d bwkan hmpir semua pemainx cewe,,, yah makax dlm filmx pun, yg jadi suamix tuh pemeranx cewe jg, hahaha

trus, sam kok tuh sejarah terbentukx cina, yg ada d red cliff tuh hax 1 perang dari sekian banyakx perang yg ada antara 3 kerajaan..

ada lg,, judge bao/bao da ren (hakim plg adil d cina),, itu juga cerita nyata...

trus qlo yg kek pedang dan kitab suci, pendekar awan dan angin, dsb kekx cm legenda doank. haha

ada lg huan zhu ge ge,, nih sih denger2 memang pernh kejadian (soal putri yg palsu).

emmm,,, kekx gn dulu,, hahaha

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)