Saturday, May 15, 2010

Pastikan Anda BELUM DIHITUNG!!!

Semua pasti udah pada tau slogan di atas. Ups..Ada yang salah?! yeah, itu adalah plesetan slogan untuk program Sensus Penduduk 2010 yang saat ini sedang diadakan oleh pemerintah.

Sebenarnya Sensus Penduduk adalah kegiatan yang sangat penting bagi perencanaan pembangunan, karena data yang didapat berupa data kependudukan yang dapat menggambarkan keadaan penduduk Indonesia hingga wilayah administrasi terkecil.

Denger2, kegiatan besar ini sampai menghabiskan beaya 3 trilyun rupiah. Luar biasa... Asal tau aja, beaya 5 trilyun rupiah bisa buat bikin Jembatan Suramadu loh. Tetapi, sampai di mana keefektifan usaha yang sudah dilakukan pemerintah untuk mewujudkan hasil perhitungan yang akurat? Saya rasa, masih perlu dipertanyakan...

Hingga saat ini, saya pastikan bahwa saya BELUM DIHITUNG. Terus terang saya tidak begitu paham bagaimana tata cara yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sensus tersebut. Sebelumnya kami mengira, pelaksanaannya ya kayak yang diiklankan di TV itu. Minggu lalu, seorang petugas sensus datang ke rumah malam2. Beliau berikan 3 lembar kuisioner yang mestinya harus kami isi, setelah itu si petugas sensus ngeloyor pergi begitu saja.

Jujur aja, kami tidak paham dengan cara pengisian kuisioner tersebut. Apalagi tulisan di lembar kuisioner yang hanya berupa kertas foto kopi-an itu hampir tidak terbaca karena kualitas kopi-annya tidak bagus. Dan anehnya, hingga saat ini, tidak ada satupun petugas yang datang untuk mengambil kembali kuisioner tersebut.

Di tempat tinggal ortu saya lebih lucu lagi...
Ortu saya tinggal di rumah yang bangunannya jadi satu dengan toko yang dulunya menjadi tempat usaha kami. Tetapi, toko tersebut saat ini udah dikontrakkan ke orang lain, cuman ortu masih tinggal di rumah bagian belakang.

Suatu hari datang petugas sensus ke toko dan tanpa penjelasan langsung menanyakan jumlah anggota keluarga ke pengusaha yang mengontrak toko kami. Setelah itu, dia langsung ngeloyor pergi. Saya yakin seratus persen... ortu saya pasti BELUM DIHITUNG.

Sistem pendataan door to door dengan menggunakan tenaga petugas yang belum tentu menguasai lapangan saya rasa adalah sebuah kesalahan besar yang dipilih pemerintah. Dan sudah tentu merupakan sebuah pemborosan beaya yang tidak mencapai sasarannya.

Pendapat saya, mungkin saja dengan memanfaatkan perangkat desa sepeti RT/RW bisa lebih efektif dan menghemat beaya. Tapi, yah... mungkin sudah menjadi tradisi bagi bangsa kita tercinta ini "Kurang afdol rasanya kalo tidak buang duit".

7 comments:

Hopskole said...

Kayaknya ditempat saya (kost) dah di sensus, coz dah ada stikernya...

mubaroki said...

judulnya koq gtu yach...

Saduki Blog's said...

gambarnya boleh... boleh... boleh...

joe said...

yup, sudah dihitung kok...

Blogger Terpanas said...

aku belom di hitung hehe....kapan ya ?

emmychen said...

tau lah yaa duitnya masuk mana.. haiyaa,,jadi males deh.

veny said...

emang kae gitu , g juga ga mrasa bisa bener /akurat tuh hasil sensus .
kalo di rumah g , udah disensus minggu lalu . petugas dateng kerumah n tanya ini/itu .
trus udah kelar dipasang sticker di kaca depan .. sensus penduduk 2010
ngapain yah kerja kae gitu yg buang biaya n waktu trus hasil ga akurat samsek , betul skali mending lwt RT/RW aja dijamin lbh baik hasilnya .

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)