Sunday, July 18, 2010

Memburu Jejak GAJAH MADA

Entah mengapa, akhir2 ini saya mendadak tergila2 membaca kisah Gajah Mada melalui e-book yang sengaja saya simpan dalam ponsel. Saya selalu sempatkan menyimak cerita karya Langit Kresna Hariadi tersebut setiap ada waktu luang, entah itu di sela2 pekerjaan kantor maupun dalam perjalanan luar kota.

Semua pasti sudah pada tau kan' siapa Gajah Mada itu. Beliau adalah mahapatih kerajaan Majapahit, sekaligus tokoh penting yang membawa kerajaan besar tersebut mencapai puncak masa kejayaannya dengan menguasai wilayah melebihi luas wilayah kedaulatan negeri kita saat ini.

Sebenarnya, novel pentalogi Gajah Mada karya Langit Kresna Hariadi ini diterbitkan dalam 5 judul. Diawali dengan kisah petualangan sang mahapatih saat menghadang pemberontakan Ra Kuti, dilanjutkan dengan episode Bergelut dalam Kemelut Tahta dan Angkara, Hamukti Palapa, Perang Bubat... dan diakhiri dengan Madakaripura Hamukti Moksa.

Membaca kisah Gajah Mada ini bagai membawa angan2 saya balik ke abad 14. Saya benar2 tak habis pikir, penulis dengan lancar menceritakan semua alur kejadian. Penuh dengan kosakata kemiliteran pada waktu itu, seperti deskripsi istana, struktur kemiliteran, persenjataan dan bahkan taktik perang yang lazim digunakan jaman itu.

Coba untuk sejenak kita alihkan perhatian kepada kisah2 klasik negeri Tiongkok yang banyak diangkat ke dalam bentuk serial video...

Pasti semua ingat dengan kisah petualangan Kwe Ceng dan Yo Ko dalam film seri The Legend of Condor Heroes hingga The Return of the Condor Heroes. Kalau tidak salah, tokoh Yo Ko pernah juga diperankan dengan baik oleh aktor Andy Lau dan sempat menduduki rating tinggi saat diputar kembali di Indosiar pada tahun 90an.

Entah sudah berapa kali kisah kedua film di atas diproduksi dan diproduksi kembali dengan versi yang lebih baru dan diperankan oleh bintang2 yang baru pula. Kalau saya coba hitung, mulai tahun 1976 hingga 2006 ada 8 versi film The Return of Condor Heroes. Bayangkan...

Padahal jujur saja saya tidak yakin, apakah cerita yang diangkat dalam film tersebut beserta tokoh2nya merupakan kisah sejarah, mitos atau bahkan hanya sekedar fiksi belaka.

Seandainya tokoh2 perfilman di negeri kita ini memiliki keberanian dan jiwa nasionalisme yang tinggi, sebenarnya angan2 untuk memfilmkan kisah Gajah Mada bisa menjadi kenyataan seperti halnya kisah Yo Ko dalam The Return of Condoer Heeroes. Dan tentu saja tidak kalah seru.

Yah, tentu saja saya hanya bisa berharap...
Nah, bagi yang tertarik untuk mengikuti kisah Gajah Mada, saya ada hadiah e-book gratis yang siap didownload melalui link di bawah ini

24 comments:

joe said...

yap, saya juga baca bukunya LKH, keren....

DikMa said...

Thanks atas kunjungnya

langsung saya sedot mumpung gratis

tipis said...

bener bgt mas. kisah heroik negeri kita banyak bgt dan keren2 kl bisa dipoles dgn bagus oleh sineas2 kita. selama ini yg diangkat malah tokoh2 fiktif macam brama kumbara, bayu segara (jaman majapahit raja wikrama wardhana/perang paregreg) dan arya kamandanu (pemberontakan Kuti/singosari). tokoh aslinya hanya numpang lewat jadi cameo hahaha.

pengen deh liat cerita kerajaan indonesia difilmkan oleh Peter Jackson. bikin kayak model lord of the ring gitu. denger2 dulu si Peter Jackson udah survey ke borobudur, kok gk ada kabar lanjutannya ya :D

Anthony Harman said...

@tipis: Saya baru tau kalo Peter Jackson pernah survey ke Borobudur. Yah... semoga saja

Bung Eko said...

Wah, saya sudah lama pengen beli pentalogi itu, tapi harganya itu lho... Mesti gantian sama susu anak saya. :D
Btw, saya setuju sekali dengan usulan memfilmkan Gajah Mada. Seharusnya seru! Toh, kita juga dulu pernah bisa emmbuat film-film kolosal seperti Saur Sepuh, Brama Kumbara, dll. yang hebat-heat!

alief said...

hehe..., kalo para produser kita mending membuat sekuel ersanjung aja, biar kata sudah dibilang itu pilem tidak bermutu, tapi tetep aja lanjut dan sekarang makin banyak penerusnya yang sejenis.

hadaw.....

pelintas batas said...

bagaimana para produser kita ada rasa nasionalisme yang tinggi?

bukan maksud jelek atau menghakimi, tapi kan kita semua sama-sama tau kalau mereka kebanyakan bukan dari indonesia?

sekali lagi maaf, bukan maksud menghakimi atau rasialis

Cyber Katrox said...

Wah... jadi ikut2an pengen baca nih.
Ijin download ya?

millati_bae said...

Iya, sih.. Bagus.. Tapi kalo dipegang PH yang ada di Indonesia, ceritanya ga bakal kelar. Kalo bukunya pentalogi, film ato sinetron-nya bisa pentakuadaratlogi.

subebeck said...

wah, tugas generasi muda itu mas buat mewujudkan film Gajah Mada. Saya juga pengen nonton kalo saja ada filmnya!! Hmm.. kirim surat saja sama sutradara dan produser terkenal mas! biar digarap itu filmnya! ndak sabar ini jadinya.. :D

Darin said...

sebelumnya terima kasih karena telah menyediakan link download. saya langsung senang sekali ini! :D

ya, harusnya kita sebagai generasi muda mampu mengangkat sejarah ke layar kaca.. itu kalau niat..

tikno said...

Wah.... jadi inget waktu masih muda nonton film silat "Legend of Condor Hero"

cakranamara said...

benar benar mantabz abiz ceritanya bozzz....

Anonymous said...

saya kurang suka sejarah ni... tpi kliatanya bukunya seru :d hehe

jabon said...

ikutan ngunduh ya...

Neng Novie said...

Asslm,,,,

Kunjungan Balik nih Sob,
Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

Sob saya punya Blog baru nih,
Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
http://pakaianbajupengantin.blogspot.com
http://caraloginfacebook.blogspot.com

Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


Wassalm,,,,

Anonymous said...

wah ide bagus mas saya juga mendukung pendapatnya dan mendambakan tuk memberikan kasanah teladan dari tokoh-tokoh sejarah bangsa kita ,kita punya pemimpin-pemimpin yang cemerlang dalam sepak terjangnya termasuk gajah mada yang membesarkan kerajaan agung majapahit bila difilmkan akan lebih baik.

Anonymous said...

Saya pernah baca di http://www.bakauheni.com/en/sejarah-dan-histori/29-sejarah-indonesia/671-kesultanan-majapahit-fakta-sejarah-yang-tersembunyi.html
Disitu ternyata beda dengan yg sudah saya kenal selama ini. Apakah benar coba deh kunjungi.

fais said...

waduh aku kok gak bisa dapat e-booknya.....

Anthony Harman said...

To fais: Tinggal download di link yang sudah saya sediakan...

jasa google adsense said...

nice post, bisa melestarikan cerita ceriata sejarah kita XD

Jasa SEO Murah said...

manfaat layanan service kami Jasa SEO Jakarta untuk menunjang website Butik Fashion atau mungkin ingin submit artikel di Free Submit Bookmark dan jika ingin Design Website silahkan menghubungi kami Jasa SEO Murah

untuk informasi seputar berita mengenai Info Lifestyle atau di sini Info Lifestyle

Eddy Himura said...

Quote => "bener bgt mas. kisah heroik negeri kita banyak bgt dan keren2 kl bisa dipoles dgn bagus oleh sineas2 kita. selama ini yg diangkat malah tokoh2 fiktif macam brama kumbara, bayu segara (jaman majapahit raja wikrama wardhana/perang paregreg) dan arya kamandanu (pemberontakan Kuti/singosari). tokoh aslinya hanya numpang lewat jadi cameo hahaha.

pengen deh liat cerita kerajaan indonesia difilmkan oleh Peter Jackson. bikin kayak model lord of the ring gitu. denger2 dulu si Peter Jackson udah survey ke borobudur, kok gk ada kabar lanjutannya ya :D"

mungkin yang jadi alasan adalah kalo difilmkan susah untuk mslh sensornya kaya exp "Spartacus" mau disensor jadi mengurangi nilai originalitas keadaan masa lalu yg sesuai catatan sejarah yg ada, mau g disesor pasti ada yang protes mati2an...repot, kalo bisa disiasati saya yakin akan jadi Box Office gak hanya didlm negeri tp juga diluar negeri...jd kepikiran siapa yg berani gambling jadi produsennya....tp kalo saya rasa kekuatan bobot ceritanya malah bagusan yg sandiwara kamandanu daripada bukunya Pak Kresna, tp mengurangi rasa hormat pd beliau, harap maklum pecinta censil soalnya...

rosmalina almasis said...

Mibta link ny dong mas. Terutama yg hamukti moksa. Trims

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)