Monday, October 04, 2010

Hobby yang amat Menyiksa...

Semasa masih di bangku SMA, saya pernah hobby fotografi. Dengan berbekal kamera SLR (Single Lens Reflexion) analog merek Kodak, hasil2 karya saya seringkali mejeng di mading sekolah. Bayangkan, waktu itu mau motret 36 jepretan aja saya musti nyisihin uang saku buat beli 1 roll film, belum lagi beaya2 buat cuci cetak. Padahal buanyak banget foto2 yang saya jepret, baik yang hasilnya memuaskan ataupun yang mengecewakan. Bener2 hobby yang mahal. Hehehehe...

Beruntung, akhirnya saya bisa melepaskan diri dari hobby mahal macam gitu, setelah akhirnya kamera SLR saya rusak di bagian prisma-nya.

Sekarang 20 tahun sudah lewat. Teknologi fotografi sudah melompat maju dengan pesat. Mau motret berkali2 sudah gak perlu lagi beli berroll-roll film. Hanya bermodal 2 atau 4 GB SD Card, kita bisa jeprat-jepret sepuasnya. Kalo toh gak puas ama hasil jepretan, tinggal delete dan jepret lagi.

Tapi, kamera digital yang sekarang membanjiri pasaran ternyata juga bukan barang yang murah. Apalagi kalo kita menuntut specs yang macem2. Dan entah setan apa yang hinggap di otak saya, tiba2 aja tanpa disadari, hobby lama yang sudah sembuh tiba2 kambuh lagi.

Awalnya, saya hanya sekedar beli kamera digital pocket ala kadarnya untuk keperluan jepret-jepret pas liburan ke Bali, Lebaran kemaren. Kebetulan yang saya pilih waktu itu kamera Canon Powershot A3000IS. Sepulang dari Bali, saya liat2 hasil jeprat-jepretnya lumayan juga. Saya jadi berpikir, ternyata kemampuan fotografi saya masih belum ilang juga (Hahaha...).

Akhirnya, saya lanjutkan aksi jeprat-jepret pake kamera Canon tersebut. Kamana2 saya bawa tuh kameranya. Berhubung sekarang, gak sulit nemu tutorial2 fotografi di internet, terutama trik2 yang baru2. Maka saya pun selalu luangkan waktu untuk belajar2 kembali.

Celakanya, semakin saya belajar banyak, semakin saya tidak puas dengan kamera Canon A3000 yang memang cuman sekedar kamera pocket yang memang dikhususkan untuk pengguna yang menginginkan kamera praktis yang gak ribet ama setelan2 manual.

Konon, sesuai dengan petunjuk para jago2 fotografi profesional, foto2 luar biasa yang banyak menghiasi majalah2 dunia hanya bisa dihasilkan oleh kamera profesional yang tentu saja bertype SLR. Yah..., jadi inget kamera Kodak saya yang sudah almarhum...

Namun, kamera SLR tentu saja sekarang sudah menjelma menjadi kamera digital yang bukan sekedar barang main2. Harganya mahal banget, belum lagi kalo kita tergoda buat nambah ini dan itu. Kamera SLR sudah jadi hobby khusus untuk orang2 berkantong tebal. Beneran gak ramah sama isi dompet saya.

Yah..., kamera SLR sudah pasti gak bakalan terbeli. Akhirnya pilihan jatuh ke kamera prosumer, alias kamera pocket dengan lensa yang punya kamampuan zoom tinggi dan biasanya dilengkapi dengan settingan manual. Singkatnya, kamera pocket berasa SLR. Hahahaha...

Gak lama kemudian, kiriman paket kamera FujiFilm FinePix S1600 dari Jakarta tiba. Seperti yang sebelumnya udah saya amati dari review2nya di internet, kamera prosumer satu ini bodynya sedikit lebih gede dari kamera pocket, dan modelnya memang rada2 mirip kamera SLR. Cocok rasanya kalo kita menyebutnya baby SLR (Hahahaha...).

Masalah kembali muncul setelah ternyata saya kurang puas dengan performance S1600 ini. Display LCD-nya rada berantakan kalo dipake di tempat yang minim cahaya (bukan hasil jepretannya loh...), apalagi kalo dizoom sampe penuh. Belum lagi body-nya yang lumayan tambun jelas2 gak bisa masuk ke saku saya. Ibarat pake pistol, tapi seukuran senapan.

Sekarang, saya benar2 tidak bisa melepaskan keinginan untuk melirik type2 lainnya yang tentu saja harus disesuaikan dengan budget yang memang rada minim. Yah..., benar2 hobby yang menyiksa.

Sekedar bonus, kalo mau lihat hasil jepretan saya, silakan aja klik di sini

2 comments:

Fanda said...

Barusan ke TKP nih... Bagus2 hasil jepretannya!

Jasa SEO Murah said...

manfaat layanan service kami Jasa SEO Jakarta untuk menunjang website Butik Fashion atau mungkin ingin submit artikel di Free Submit Bookmark dan jika ingin Design Website silahkan menghubungi kami Jasa SEO Murah

untuk informasi seputar berita mengenai Info Lifestyle atau di sini Info Lifestyle

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)