Thursday, April 28, 2011

Jenderal Guan Yu versinya Donnie Yen

Sesuai jadwal yang saya dapet dari website resmi-nya, hari ini adalah tanggal release film terbaru Donnie Yen, yang berjudul The Lost Bladesman.

Bukan apa2 sih, selain ngefans berat ama Donnie Yen, saya juga penasaran banget menyaksikan penampilan aktor laga yang satu ini saat memerankan tokoh Guan Yu dalam film tersebut.

Bagi yang pernah menyimak kisah Samkok (Romance of The Three Kingdoms), pasti tokoh Guan Yu ini sudah tak asing lagi. Beliau adalah jenderal besar yang terkenal karena kegagahan, kejujuran dan kesetiaannya. Beliau adalah saudara angkat Liu Bei, raja kerajaan Shu, salah satu dari tiga kerajaan yang saling bertikai hampir seabad lamanya.

Tahukah kamu, kisah kepahlawanan Guan Yu ini, teladan keberanian dan kesetiaannya... membuat beliau dihormati dan dipuja sebagai dewa oleh masyarakat keturunan Cina. Patung sang jenderal banyak kita temukan di klenteng2 maupun tempat2 peribadatan etnis tionghoa lainnya.

Berdasarkan synopsis yang saya baca, Film The Lost Bladesman hanya memvisualisasikan sekelumit kisah kepahlawanan sang jenderal dalam chapter 26 dari buku Romance of The Three Kingdoms yang berjudul "Menerobos Lima Gerbang dan Membantai Enam Jenderal".

Nah, yang bikin saya penasaran, bagaimanakah penampilan sang aktor Donnie Yen yang selama ini terkesan klimis dan bersih dalam film2 sebelumnya (Ip Man dan Fist of Fury) menjadi garang dan kasar layaknya Jenderal Guan Yu.

Jika kita simak dalam buku2, lukisan2 maupun patung2 yang biasa kita temukan di tempat2 peribadatan, Guan Yu digambarakan sebagai seorang ksatria berpenampilan seram; tinggi besar, berwajah merah, alis tebal dan berjenggot panjang, sambil menghunus senjata andalannya, golok naga hijau. Coba bandingkan dengan penampilan sang aktor. Hehehehe...

Tapi, satelah saya coba simak2 lagi dalam buku yang pernah saya baca. Sebenarnya wajar saja sih... Kisah "Crossing Five Passes and Slaying Six Generals" terjadi sekitar tahun 200M. Belum saya temukan tulisan mengenai tahun kelahiran Guan Yu yang pasti. Tetapi Liu Bei, raja kerajaan Shu yang merupakan kakak angkat sang Jenderal lahir di tahun 161M. Jika Guan Yu seharusnya berusia lebih muda dari Liu Bei, berarti memang saat itu sang jenderal masih berusia muda (hampir seusia sang aktor mungkin).

Penasaran seperti saya? Silakan tonton film-nya...

2 comments:

Anonymous said...

pie nonton e bah mosok mlebu kene pileme

Jasa SEO Murah said...

manfaat layanan service kami Jasa SEO Jakarta untuk menunjang website Butik Fashion atau mungkin ingin submit artikel di Free Submit Bookmark dan jika ingin Design Website silahkan menghubungi kami Jasa SEO Murah

untuk informasi seputar berita mengenai Info Lifestyle atau di sini Info Lifestyle

Post a Comment

Gimana pendapat anda? Kasih komentarnya donk...

Kasih Comment, Bonus Link loh!!
(Tolong ingetin kalo kelupaan...)